Tautan-tautan Akses

Yordania Selidiki Keluarga Pelaku Penembakan di Tennessee


Foto dari kantor Sheriff Hamilton County, Tennessee, Muhammad Youssef Abdulazeez, saat ditahan akibat pelanggaran lalu lintas April lalu.

Foto dari kantor Sheriff Hamilton County, Tennessee, Muhammad Youssef Abdulazeez, saat ditahan akibat pelanggaran lalu lintas April lalu.

Pejabat Yordania sedang mewawancara keluarga pelaku penembakan lima prajurit di dua sarana militer di Tennesse.

Sementara itu, pihak berwenang di Qatar mengatakan Muhammad Youssef Abdulazeez kelahiran Kuwait, yang telah menewaskan empat marinir dan seorang perwira angkatan laut dalam serangan di Chattanooga, transit melalui negara Teluk ini dalam perjalanannya kembali dari kunjungan tahun 2014 ke Yordania tapi tidak pernah menginjakkan kaki di luar bandara.

Aparat Yordania mewawancara keluarga Abdulazeez sebagai bagian dari penyelidikan aktivitas Abdulazeez selama berada di Yordania tahun lalu, menurut seorang pejabat pemerintah Selasa. Pejabat tersebut, yang tidak berkomentar lebih lanjut mengenai penyelidikan ini, berbicara secara anonim karena tidak mendapat izin untuk membahas rincian kasus ini dengan wartawan.

Seseorang yang dekat dengan keluarga Abdulazeez telah mengatakan kepada AP bahwa ia menghabiskan beberapa bulan di Yordania tahun lalu, memenuhi janji kepada orangtuanya untuk membantunya menjauhkan diri dari obat-obatan, alkohol dan teman-teman yang dianggap keluarganya berpengaruh buruk kepada Abdulazeez.

Yordania adalah salah satu negara yang paling bersahabat kepada dunia Barat di Timur Tengah, dengan alkohol dijual secara bebas. Walaupun begitu, Yordania juga menyaksikan penyebaran ideologi ekstremis dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah gerakan Arab Spring tahun 2011.

Pejabat pemerintah Yordania menolak berkomentar ketika ditanya apakah penyelidikan terhadap Abdulazeez juga meliputi kemungkinan keterkaitannya dengan kelompok militan.

Laporan-laporan media telah menyebut kunjungan Abdulazeez ke Qatar tahun lalu. Tapi pemerintah Qatar bersikeras Abdulazeez tidak pernah meninggalkan bandara.

"Pernyataan yang menyebut Abdulazeez memasuki Qatar adalah tidak benar," menurut kantor media pemerintah Qatar saat merespon pertanyaan dari kantor berita AP.

Abdulazeez ganti pesawat di bandara Internasional Hamad di Doha, dalam perjalanannya ke Amman, Yordania, kembali ke AS di bulan November.

Qatar menjadi salah satu pusat transit di Timur Tengah dengan semakin berkembangnya maskapai pemerintah Qatar Airways. Bandara barunya di Doha dibuka tahun lalu, salah satu infrastruktur terpenting dalam persiapannya menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Pemerintah Qatar mengutuk penembakan-penembakan tersebut sebagai "berlawanan dengan nilai-nilai kemanusiaan, etika, prinsip-prinsip dan agama," dan mengekspresikan rasa belansungkawanya kepada korban.

Qatar adalah sekutu penting bagi AS di kawasan Teluk di mana sebuah pangkalan udara AS terletak, walaupun dikritik atas keterkaitannya dengan kelompok-kelompok Islamis, termasuk Hamas dan Taliban. Qatar bersikeras negara ini tidak mendukung terorisme.

Abdulazeez, yang adalah keturunan Palestina, dilahirkan di Kuwait dan besar di Amerika Serikat, tapi memiliki keluarga di Yordania dan Tepi Barat.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG