Tautan-tautan Akses

Yao Ming Pensiun dari NBA

  • Viktor Pattianakota

Pebasket NBA Yao Ming mengumumkan pensiun dalam konferensi pers di Shanghai (20/7).

Pebasket NBA Yao Ming mengumumkan pensiun dalam konferensi pers di Shanghai (20/7).

Pebasket asal Tiongkok Yao Ming memutuskan secara resmi untuk pensiun dari NBA akibat serangkaian cedera yang dideritanya.

Mengenakan jas hitam dan berkaca-kaca, pebasket asal Tiongkok Yao Ming hari Rabu resmi pensiun dari karir basketnya bersama tim NBA Houston Rockets, dan mengatakan serangkaian cedera akhirnya membuat ia harus berhenti.

Ia mengatakan enam bulan terakhir merupakan masa penantian yang menyiksa dirinya, dan ia sudah lama berpikir mengenai masa depannya. Kata Yao, ia resmi mengakhiri karirnya sebagai pemain basket, tetapi pintu karir lain sudah terbuka didepannya.

Atlet berusia 30 tahun itu mengatakan akan kembali ke tim lamanya di Tiongkok, Shanghai Sharks, dengan kemungkinan jabatan sebagai general manager. Ia sudah menjadi pemilik klub itu dan ingin menyumbang lebih banyak.

Yao dianggap membuka pintu bagi atlet-atlet Asia untuk masuk ke NBA, serta membawa NBA ke Tiongkok, negara dengan populasi terbesar di dunia. Selama karirnya bersama Rockets, Yao menempati peringkat dua untuk skor blok (920), enam untuk poin total (9.247) dan enam untuk rebound (4.494).

Yao bermain selama delapan musim bersama NBA, tetapi tidak ikut sekitar 250 pertandingan musim reguler dalam enam tahun terakhir. Ia terpilih delapan kali untuk masuk tim NBA All-Star.

XS
SM
MD
LG