Tautan-tautan Akses

Yaman Tewaskan 9 Tersangka Militan


Militer Yaman melakukan operasi terhadap militan di Zinjibar, Yaman selatan (foto: dok).

Militer Yaman melakukan operasi terhadap militan di Zinjibar, Yaman selatan (foto: dok).

Sedikitnya 9 tersangka militan terkait al-Qaida tewas dalam pertempuran Minggu malam di provinsi Abyan, Yaman selatan.

Para pejabat Yaman mengatakan hari Minggu pasukan pemerintah dan anggota suku sekutunya menewaskan paling sedikit 9 tersangka militan yang terkait al-Qaida dalam pertempuran hari Minggu malam di provinsi Abyan, Yaman selatan.

Para pejabat mengatakan pertempuran terjadi dekat ibukota provinsi Zinjibar. Mereka mengatakan 5 militan, termasuk seorang warga Saudi, tewas dalam tembakan artileri ke pinggir utara kota itu, sementara korban lainnya, termasuk dua yang berasal Afrika, tewas dalam pertempuran di bagian lain Zinjibar.

Korban tewas tersebut jatuh sehari setelah pasukan Yaman mengatakan mereka telah menewaskan 6 orang militan di daerah yang sama.

Pasukan pemerintah sedang memerangi militan dari kelompok Ansar al-Sharia di Abyan dan di timur negara itu. Kelompok tersebut diyakini terkait dengan al-Qaida.

Bentrokan terbaru bertepatan dengan kunjungan utusan PBB Jamal bin Omar di Yaman dalam usaha untuk meyakinkan Presiden Ali Abdullah Saleh agar menerima prakarsa yang mengharuskannya meletakkan jabatan.

Pemimpin Yaman itu telah berkali-kali memberi indikasi ia bersedia menerima persyaratan persetujuan yang diperantarai oleh Dewan Kerjasama Teluk, GCC, itu tetapi setiap kali ia mengurungkan niatnya menanda-tangani persetujuan tersebut.

XS
SM
MD
LG