Tautan-tautan Akses

Yaman Gagalkan Rencana Serangan Al-Qaida


Seorang polisi memeriksa bagasi sebuah mobil di titik pemeriksaan dekat Kedubes AS di Sanaa, Yaman (6/8).
Seorang polisi memeriksa bagasi sebuah mobil di titik pemeriksaan dekat Kedubes AS di Sanaa, Yaman (6/8).

Pengerahan tentara-tentara tambahan di target-target, menurut pemerintah Yaman, telah menggagalkan upaya serangan kelompok militan Al-Qaida.

Para pejabat Yaman mengatakan pasukan keamanan telah berhasil menggagalkan rencana Al-Qaida untuk menduduki fasilitas-fasilitas minyak dan gas. Sementara itu, serangan pesawat tak berawak menewaskan sekurang-kurangnya tujuh terduga militan Al-Qaida.

Juru bicara perdana menteri Yaman mengatakan hari Rabu, rencana serangan itu mencakup serangan puluhan militan Al-Qaida yang berpakaian seragam tentara terhadap lokasi-lokasi strategis di kota Mukalla dan Shabwa, termasuk dua pelabuhan. Dikatakan, kompotan itu digagalkan dengan pengerahan tentara tambahan di sekitar fasilitas-fasilitas yang ditarget, dan melarang orang masuk ke sana.

Laporan itu muncul pada hari yang sama Amerika Serikat melancarkan serangan pesawat tak berawak di provinsi Shabwa, serangan serupa yang kelima dalam kurang dari dua pekan. Amerika Serikat telah berulangkali menggunakan pesawat tak berawak untuk menarget para anggota Al-Qaida di Semanjung Arab.

Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat hari Selasa memerintahkan staf non-esensial untuk meninggalkan Yaman karena kekhawatiran mengenai kemungkinan serangan teroris.
XS
SM
MD
LG