Tautan-tautan Akses

Xinhua: Polisi Tiongkok Tembak Mati 4 Orang di Xinjiang


Polisi Tiongkok di Hotan, provinsi Xinjiang berusaha mengendalikan kerusuhan atas penyerbuan sebuah kantor polisi (18/7).

Polisi Tiongkok di Hotan, provinsi Xinjiang berusaha mengendalikan kerusuhan atas penyerbuan sebuah kantor polisi (18/7).

Insiden terjadi setelah kerusuhan Sabtu malam yang mengakibatkan sedikitnya tujuh orang meninggal dan 30 lainnya luka-luka.

Kantor berita resmi Tiongkok Xinhua melaporkan polisi menewaskan empat orang hari Minggu di Tiongkok barat laut, setelah terjadi kerusuhan Sabtu malam yang mengakibatkan sedikitnya tujuh orang meninggal dan 30 lainnya luka-luka.

Xinhua tidak menjelaskan identitas orang yang ditangkap itu ataupun menjelaskan bahwa kerusuhan di kota Kashgar tadi terkait ketegangan antara kelompok Uighur yang beragama Islam dan kelompok suku Cina, Han yang dominan.

200 orang lebih tewas sejak bentrokan pecah antara kedua kelompok itu sejak tahun 2009.

Polisi Tiongkok juga mengatakan empat orang tersangka lainnya ditangkap, ketika dua orang laki-laki yang bersenjata pisau menyerang keumuman orang di kota Kashgar.

Permulaan bulan ini, pejabat Tiongkok mengatakan polisi menewaskan 14 orang dalam bentrokan dengan demonstran Uighur yang menyerang kantor polisi dan menewaskan empat orang di kota Hotan di propinsi Xinjiang.

Suku Uighur tinggal di propinsi itu dan sejak lama tidak senang atas keputusan pemerintah Tiongkok mengirim kelompok Cina dari suku Han untuk menguasai kawasan itu.

XS
SM
MD
LG