Tautan-tautan Akses

WTO: Perdagangan Global Bukan Sebab Pengangguran


Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Roberto Azevedo.

Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Roberto Azevedo.

Studi yang dilakukan oleh WTO menunjukkan bahwa perdagangan adalah unsur yang sangat kecil di pasar tenaga kerja.

Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Roberto Azevedo memperingatkan agar tidak menyalahkan perdagangan dunia atas terjadinya pengangguran, dengan mengatakan bahwa ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan ketika lapangan pekerjaan mulai menghilang.

Globalisasi dan perdagangan dunia oleh Presiden AS terpilih Donald Trump dituduh sebagai penyebab utama orang kehilangan pekerjaan di Amerika, terutama di sektor manufaktur.

Namun Azevedo mempunyai pandangan berbeda. Dia mengakui bahwa perdagangan di beberapa komunitas dapat menjadi faktor pengganggu dan bisa menghilangkan lapangan pekerjaan di sektor industri yang terkena dampak persaingan dan murahnya barang impor. Tapi itu jauh dari gambaran keseluruhannya, katanya.

Studi yang dilakukan oleh WTO menunjukkan bahwa perdagangan adalah elemen yang sangat kecil di pasar tenaga kerja.

Studi menemukan bahwa dari setiap 10 pekerjaan yang hilang di negara maju, tidak lebih dari dua pekerjaan hilang karena perdagangan, sementara delapan pekerjaan lain hilang karena inovasi, teknologi baru dan produktivitas yang lebih tinggi.

Sebagai konsekuensi, sebagian besar negara kini bertarung dan berusaha untuk mencapai produktivitas yang lebih tinggi melalui teknologi baru dan inovasi yang derapnya dipercepat, kata Azevedo. [ps/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG