Tautan-tautan Akses

William Boyd Diminta Tulis Novel Baru James Bond


Ian Fleming (1908-1964), penulis Inggris pencipta kisah petualangan tokoh spionase perang dingin, James Bond 007 (foto dok.: tahun 1962).

Ian Fleming (1908-1964), penulis Inggris pencipta kisah petualangan tokoh spionase perang dingin, James Bond 007 (foto dok.: tahun 1962).

William Boyd, penulis novel laris Inggeris, diminta pewaris Fleming secara resmi menulis cerita tentang James Bond.

Penulis novel laris Inggris William Boyd mengatakan kepada Kantor Berita Reuters, ia akan menggunakan pengetahuannya tentang spionase pada masa Perang Dingin dalam penulisan kisah petualangan mendatang tokoh 007 yang awalnya diciptakan Ian Fleming.

Boyd adalah penulis ketiga dalam beberapa tahun ini yang diminta pewaris Fleming secara resmi menulis cerita tentang James Bond. Penulis cerita detektif Amerika Jeffery Deaver menulis “Carte Blanche” tahun 2011 dan Sebastian Faulks “Devil May Care” diterbitkan untuk merayakan ulang tahun Fleming ke-100 tahun 2008.

William Boyd mengatakan tulisannya sarat dengan cerita-cerita spionase Perang Dingin. Ia bekerja sama dengan tiga aktor yang pernah memerankan James Bond dan tahu betul ceita itu sejak ia masih kecil. “Saya tidak pernah bertemu Flemming, tetapi saya tahu orang yang kenal baik dengannya dan saya banyak menulis tentang Fleming dan sesungguhnya saya memasukkan dia dalam salah satu novel saya,” ujar Boyd. “Selalu ada sejenis tokoh Bond/Fleming dalam hidup saya sejak lama.”

Walaupun Boyd diminta agar merahasiakan rincian cerita dan judul petualangan 007 mendatang, ia mengatakan, buku itu akan memperlihatkan kembalinya tokoh klasik James Bond yang berusia sekitar 40-an selama Perang Dingin 1960-an.

Boyd, yang novel terakhirnya “Waiting for Sunrise” terbit Februari lalu, mengatakan buku-bukunya sebelumnya yang bertema spionase dan berlatar belakang London pada akhir 1960-an ketika ia masih muda membuatnya nyaman dengan masalah topik itu.

“Saya telah menulis dua novel terkait spionase dan banyak novel saya punya alur cerita yang terkait dengan agen ganda dan operasi-operasi terselubung,” kata Boyd. Tantangan bagi Boyd adalah mengupayakan dan menenarkan namanya pada bisnis global yang telah memfilmkan cerita-cerita JamesBond lewat tokoh yang piawai dengan teknologi canggih dengan tokoh cerita asli garapan Ian Fleming.

Dalam peringatan ke-50 film James Bond lama “Dr. No” tahun ini dan dirilisnya film Bond yang baru “Skyfall” bulan Oktober, akan ada banyak omongan seputar novel yang baru itu.
XS
SM
MD
LG