Tautan-tautan Akses

William Wongso Siapkan Steak Bumbu Rendang untuk Presiden Jokowi di AS


Pakar kuliner William Wongso bersama timnya di Washington D.C. (Foto: VOA/Vena Dilianasari)

Pakar kuliner William Wongso bersama timnya di Washington D.C. (Foto: VOA/Vena Dilianasari)

Salah satu agenda dalam kunjungan pertama Presiden Joko Widodo ke Amerika, adalah menghadiri jamuan makan malam bersama U.S. Chamber of Commerce di Washington D.C.

Untuk acara jamuan makan malam ini, pakar kuliner William Wongso khusus datang ke Amerika atas permintaan Duta Besar Indonesia untuk Amerika, Budi Bowoleksono, untuk mempersiapkan hidangan yang akan disajikan. Menurut William, acara jamuan makan malam ini sudah dipersiapkan cukup lama agar bisa menampilkan menu khas Indonesia, dengan penyajian yang cantik sesuai standar internasional.

Makanan pembuka yang akan dihidangkan pada jamuan makan malam presiden dengan anggota U.S. Chamber of Commerce adalah asinan Jakarta. Diikuti dengan hidangan utama yaitu tumpeng nasi kuning mini yang disajikan dengan steak tenderloin bumbu rendang. Sebagai hidangan penutup, William akan menyajikan Srikayo Pannacotta yang terbuat dari santan dan pandan, dan akan disajikan dengan kopi Indonesia campuran dari kopi Sumatera, Flores dan Sulawesi, serta teh asli dari Banten yaitu Arum Tea.

Steak Rendang William Wongso (Foto: VOA/Vena Dilianasari)

Steak Rendang William Wongso (Foto: VOA/Vena Dilianasari)

William juga menambahkan jamuan makan malam bersama U.S. Chamber of Commerce itu akan menampilkan suasana Indonesia lewat asesoris seperti taplak meja dan alas piring bermotif batik.

Ia juga membawa bahan khusus dari Indonesia. “Saya bawa bumbu rendang, itu signature bumbu khas Indonesia. Bisa diganti, tapi rasanya tidak sama,” katanya.

Selain membawa bumbu khusus dari Indonesia, William juga membawa tim khusus untuk mengawasi pengolahan dan penyajian hidangan makan malam tersebut. Tim tersebut terdiri dari koki-koki muda Indonesia yang berbakat. Salah satu di antaranya adalah Putri yang ikut menyiapkan makanan untuk disajikan saat resepsi pembukaan Frankfurt Book Fair 2015 baru-baru ini di Jerman. Ia bersama William adalah anggota tim kuliner Indonesia pada acara pameran tersebut.

William membawa tim koki muda ini untuk mendorong mereka agar bangga dengan masakan Indonesia. Lewat sebuah program hasil kerjasama dengan Djarum Foundation, William mengajarkan makanan Indonesia kepada para koki muda. Mereka wajib menguasai 30 ikon kuliner Indonesia. Lulusan pertama program tersebut telah menyelesaikan pendidikan mereka pada bulan Mei tahun ini dan disalurkan untuk bekerja di restoran Indonesia profesional. Setelah dua tahun para koki muda ini akan dikirim di Kedutaan Besar Indonesia di seluruh dunia.

Asinan Jakarta William Wongso (Foto: VOA/Vena Dilianasari)

Asinan Jakarta William Wongso (Foto: VOA/Vena Dilianasari)

Walaupun berada di Amerika khusus untuk kunjungan Presiden Jokowi, William mengaku tidak diminta untuk menyajikan makanan kesukaan Presiden. “Patokannya adalah menu kebanggaan bangsa Indonesia,” ujarnya.

William berharap acara seperti ini lebih sering diadakan di masa depan. Lewat kunjungan Presiden ke negara lain, ia berharap bisa mengenalkan hidangan Indonesia ke dunia internasional lewat jamuan makan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG