Tautan-tautan Akses

AS

Wikipedia Gugat NSA


FILE - Halaman Wikipedia di sebuah layar komputer yang terlihat pada ilustrasi foto yang diambil di Washington, 17 Januari 2012.

FILE - Halaman Wikipedia di sebuah layar komputer yang terlihat pada ilustrasi foto yang diambil di Washington, 17 Januari 2012.

Yayasan Wikimedia, organisasi nirlaba yang mengelola ensiklopedia gratis online Wikipedia, akan menggugat National Security Agency (NSA) atau Badan Keamanan Nasional dan Departemen Kehakiman AS, terkait program pengawasan massal pemerintah.

Gugatan tersebut diajukan pada hari Selasa (10/3) menuduh bahwa program pengawasan massal NSA terhadap internet di AS, sering disebut sebagai pengawasan Upstream, melanggar Amandemen Pertama Konstitusi AS, yang melindungi kebebasan berbicara dan berserikat, dan Amandemen Keempat, yang melindungi warga terhadap pencarian dan serangan yang tidak beralasan.

Program pengawasan Upstream NSA mencatat komunikasi dengan orang-orang di luar AS untuk mendapatkan informasi intelijen luar negeri.

“Dengan menyadap internet, NSA mengganggu pilar demokrasi," tulis Lila Tretikov, direktur eksekutif Yayasan Wikipedia dalam sebuah artikel blog di website Wikipedia.

'Kebebasan intelektual' terancam

“Wikipedia didirikan berdasarkan kebebasan ekspresi, bertanya dan informasi. Melalui pelanggaran terhadap privasi pengguna kami, NSA mengancam kebebasan intelektual yang merupakan pusat kemampuan seseorang menciptakan dan memahami ilmu pengetahuan," kata keterangan tersebut.

Praktek-praktek NSA akhir-akhir ini melampaui kewenangan yang diberikan oleh Foreign Intelligence Surveillance Act atau Undang-undang Pengintaian Intelijen Asing yang diperbaiki oleh Kongres pada tahun 2008, kata Wikimedia.

“Kami meminta pengadilan untuk menghentikan pengawasan jejaring internet yang dilakukan oleh NSA," kata pendiri Wikipedia Jimmy Wales dalam sebuah opini di New York Times.

Wikimedia dan delapan organisasi lainnya turut menggugat termasuk Human Rights Watch dan Amnesty International USA, yang akan diwakili oleh American Civil Liberties Union.

Perusahaan-perusahaan besar AS yang terkena imbas program pengawasan massal NSA bergabung untuk mempertahankan diri terhadap campur tangan pemerintah.

NSA dan Departemen Kehakiman AS belum berkomentar terhadap gugatan ini.

XS
SM
MD
LG