Tautan-tautan Akses

WikiLeaks Ungkap Jatuhnya Pejabat Tiongkok akibat ‘Perangkap Madu’ Taiwan


Menteri Keuangan Tiongkok Jin Renqing dipecat tahun 2007, akibat punya 'hubungan khusus' dengan mata-mata Taiwan.

Menteri Keuangan Tiongkok Jin Renqing dipecat tahun 2007, akibat punya 'hubungan khusus' dengan mata-mata Taiwan.

Menurut WikiLeaks, seorang mata-mata perempuan Taiwan diduga bertanggung jawab atas kejatuhan Menteri Keuangan Tiongkok tahun 2007.

Dokumen yang dirilis oleh kelompok WikiLeaks menunjukkan bahwa diplomat Amerika mencurigai bahwa seorang mata-mata perempuan Taiwan bertanggung jawab atas kejatuhan seorang pejabat tinggi Tiongkok.

Ketika Menteri Keuangan Jin Renqing undur dari posnya pada Agustus 2007, Beijing mengatakan ia melakukannya karena “alasan-alasan pribadi.”

Tetapi dalam sebuah kawat Departemen Luar Negeri Amerika yang dibocorkan bulan ini, seorang pejabat Amerika mengatakan penyelidik berpendapat bahwa menteri berusia 65 tahun itu dipecat karena terlibat dengan seorang perempuan yang merupakan seorang operator intelijen Taiwan.

Kawat itu mengatakan perempuan itu yang digambarkan sebagai seorang “mudah bergaul dan mau tidur dengan siapa saja” juga punya affair dengan pejabat tinggi Tiongkok lainnya. Katanya para pejabat ini diberitahu bahwa ia juga bekerja untuk departemen intelijen militer Tiongkok sendiri.

Kalau pernyataan ini benar, Jin dan pejabat lain yang terlibat dengan perempuan ini menjadi korban dari apa yang disebut sebagai operasi “perangkap madu” dari badan intelijen Taiwan guna memperoleh rahasia Tiongkok yang peka.

XS
SM
MD
LG