Tautan-tautan Akses

WikiLeaks: Perdana Menteri India Dikucilkan karena Pakistan

  • Susy Tekunan

Menurut Wikileaks: Perdana Menteri India, Manmohan Singh, dikucilkan pemerintahannya karena pandangannya tentang Pakistan.

Menurut Wikileaks: Perdana Menteri India, Manmohan Singh, dikucilkan pemerintahannya karena pandangannya tentang Pakistan.

Harian The Hindu memuat kawat yang diperoleh dari WikiLeaks tentang Manmohan Singh yang yakin akan perundingan Pakistan dan dikucilkan karenanya.

Kawat-kawat diplomatik yang diperoleh WikiLeaks mengatakan Perdana Menteri India dikucilkan oleh para pejabat pemerintah karena dukungannya mengupayakan dialog dengan Pakistan, saingan lama India.

Kawat bulan Agustus 2009 itu mengutip duta besar Amerika Timothy Roemer mengatakan Perdana Menteri Manmohan Singh tetap “punya keyakinan besar” dalam perundingan dengan Pakistan namun dikucilkan oleh pemerintahannya sendiri karena mempertahankan pandangan ini.

Laporan tersebut dimuat dalam harian The Hindu yang mendapat akses kawat-kawat diplomatik Amerika itu dari situs WikilLeaks.

Dalam kawat-kawat itu, duta besar Amerika menambahkan kesediaan Singh memulai perundingan damai dengan Pakistan sangat bertentangan dengan penasehat keamanan nasional India M.K. Narayanan.

Bulan lalu, Perdana Menteri India itu mengatakan kepada parlemen bahwa Asia Selatan tidak akan bisa mengembangkan kemampuannya secara penuh sampai hubungan bilateral dengan Pakistan kembali normal.

XS
SM
MD
LG