Tautan-tautan Akses

WikiLeaks akan Terbitkan Sisa Dokumen Rahasia Pentagon


Pentagon memperingatkan WikiLeaks bahwa tindakannya itu membahayakan nyawa tentara AS dan warga Afghanistan.

Pendiri situs internet WikiLeaks mengatakan ia pasti akan menerbitkan sisa dokumen rahasia Pentagon mengenai perang di Afghanistan.

Julian Assange, yang berbicara melalui videolink ke London dari tempat yang tidak diketahui, tidak memberikan tanggal pasti kapan ia akan menerbitkan sisa dokumen rahasia itu. WikiLeaks sudah menerbitkan 70 ribu dokumen dan mengatakan mereka masih mempunyai kira-kira 15 ribu dokumen lagi.

WikiLeaks tidak mengindahkan tuntutan Pentagon agar situs tersebut menghentikan publikasi dokumen itu. Pentagon juga meminta WikiLeaks mengembalikan semua dokumen yang dipegangnya dan menghapus semua informasi rahasia yang disimpan dalam komputer.

Pentagon telah memperingatkan lagi WikiLeaks bahwa tindakannya telah membahayakan nyawa tentara Amerika dan warga Afghanistan dan kemungkinan merongrong operasi militer terhadap Taliban.

Organisasi Wartawan Tanpa Tapal Batas menuduh WikiLeaks “sangat tidak bertanggung jawab” dengan mempublikasi dokumen yang dibocorkan itu.

Pimpinan organisasi pembela hak media itu, Jean-Francois Juliard, mengatakan hari Kamis bahwa tindakan WikiLeaks itu mungkin telah memberi pemerintah negara-negara demokrasi apa yang disebutnya “alasan yang baik” untuk menempatkan internet di bawah pengawasan yang lebih seksama.

XS
SM
MD
LG