Tautan-tautan Akses

WHO Soroti Penularan Penyakit Melalui Hewan


Petugas dari WHO mengenakan pakaian pelindung sebelum memasuki rumah sakit Kagadi di Kibale, 200 kilometer dari Kampala, 28 Juli 2012 (Foto: dok).

Petugas dari WHO mengenakan pakaian pelindung sebelum memasuki rumah sakit Kagadi di Kibale, 200 kilometer dari Kampala, 28 Juli 2012 (Foto: dok).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menandai peringatan Hari Kesehatan Dunia 2014 yang jatuh pada hari ini, Senin (7/4) dengan informasi tentang meningkatnya ancaman penyakit yang menyebar lewat hewan.

Lebih dari setengah populasi dunia berisiko terhadap penyakit-penyakit, seperti malaria, demam berdarah, leishmaniasis, penyakit Lyme, schistosomiasis dan demam kuning, yang dibawa oleh nyamuk, lalat, kutu, siput air dan vektor lainnya.

Berbagai penyakit yang ditularkan vektor menjangkiti populasi termiskin, yang kekurangan perumahan yang layak, air minum yang aman dan sanitasi. Orang-orang yang kekurangan gizi dan yang sistem kekebalannya lemah sangat rentan terhadap berbagai penyakit ini.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menandai peringatan Hari Kesehatan Dunia 2014 yang jatuh pada hari ini, Senin (7/4) dengan informasi tentang meningkatnya ancaman penyakit yang menyebar lewat hewan penular ini.

Lebih dari satu miliar orang terinfeksi dan lebih dari satu juta meninggal karena penyakit yang ditularkan melalui vektor-vektor tersebut.

WHO mengatakan penyakit-penyakit itu sepenuhnya dapat dicegah.

Sebuah laporan yang baru saja diterbitkan memberikan garis besar langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pemerintah, LSM dan keluarga untuk dapat melindungi masyarakat dari infeksi penyakit-penyakit tersebut.
XS
SM
MD
LG