Tautan-tautan Akses

WHO Fokus pada Usaha Akhiri Wabah Ebola


Anak-anak mengikuti training mencuci tangan di kota Clara Town, utara ibukota Monrovia, Libéria (foto: dok).

Anak-anak mengikuti training mencuci tangan di kota Clara Town, utara ibukota Monrovia, Libéria (foto: dok).

Organisasi kesehatan dunia (WHO) mengalihkan fokusnya pada usaha mengakhiri wabah ebola, setelah jumlah kasus baru ebola menurun drastis.

WHO mengatakan hari Kamis (29/1), usaha untuk memperlambat penyebaran wabah Ebola yang paling buruk telah mengalihkan fokusnya pada usaha mengakhiri wabah, setelah jumlah kasus baru jatuh ke tingkat terendah sejak akhir Juni.

Menurut catatan WHO, total 99 kasus baru dilaporkan pekan lalu terjadi di negara-negara yang paling parah terkena wabah, yaitu Guinea, Liberia dan Sierra Leone.

Sierra Leone mengalami penurunan besar dengan 65 kasus baru pekan lalu, dibanding 117 pekan sebelumnya dan 184 tiga pekan lalu.

Di Liberia, di mana wabah Ebola meningkat pesat sebelumnya, kini hanya ada empat kasus baru pekan lalu, turun dari 300 kasus per pekan pada bulan Agustus dan September.

WHO mengatakan, pada tahap kedua baru respon mereka, para petugas akan berhenti membangun secara cepat fasilitas-fasilitas kesehatan dan memfokuskan pada usaha menemukan orang-orang yang tertular, menangani kasus-kasus itu, melibatkan diri dengan masyarakat dan memastikan penguburan yang sepatutnya.

XS
SM
MD
LG