Tautan-tautan Akses

Menlu Jerman Westerwelle Mundur dari Ketua Partai Free Democrats


Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle. (foto: dok)

Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle. (foto: dok)

Menlu Guido Westerwelle mengundurkan diri hari Minggu, setelah partainya itu kalah dalam sejumlah pemilihan negarabagian.

Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle mengundurkan diri sebagai ketua Partai Free Democrats setelah partai itu kalah dalam sejumlah pemilihan negarabagian.

Westerwelle hari Minggu mengatakan ia tidak akan mencalonkan diri lagi saat partai itu mengadakan kongres berikutnya. Ia mengatakan keputusan untuk meninggalkan pekerjaan yang telah dijabatnya selama 10 tahun adalah sulit, tetapi menjadi sedikit lebih mudah dengan sejumlah anggota muda yang siap mengambil alih.
Westerwelle mengatakan ia akan berkonsentrasi untuk jabatannya sebagai menteri luar negeri.

Partai Free Democrats yang liberal adalah mitra junior dalam koalisi pemerintahan Kanselir Angela Merkel.

Di bawah kepemimpinan Westerwelle baru-baru ini partai itu menurun setelah menang hampir 15 persen suara dalam Pemilu nasional 2009 menjadi menang kira-kira 5 persen dalam pemilihan negarabagian terakhir. Lima persen adalah jumlah minimal bagi partai untuk bisa mempertahankan kursi di parlemen.

Jajak pendapat nasional menunjukkan rakyat Jerman secara pribadi tidak menyukai Westerwelle, dikatakan ia gagal menepati janjinya untuk mendorong pengurangan pajak.

XS
SM
MD
LG