Tautan-tautan Akses

Wawrinka Kandaskan Djokovic, Hadapi Berdych di Semifinal


Stanislas Wawrinka mengandaskan juara bertahan Australia Terbuka, Novak Djokovic dalam lima set dengan skor 2-6, 6-4, 6-2, 3-6, 9-7 Selasa (21/1) malam (foto: dok).

Stanislas Wawrinka mengandaskan juara bertahan Australia Terbuka, Novak Djokovic dalam lima set dengan skor 2-6, 6-4, 6-2, 3-6, 9-7 Selasa (21/1) malam (foto: dok).

Petenis asal Swiss, unggulan ke-8 Stanislas Wawrinka mengandaskan juara bertahan Australia Terbuka, Novak Djokovic dalam lima set dengan skor 2-6, 6-4, 6-2, 3-6, 9-7 Selasa (21/1) malam di Melbourne.

Upaya Novak Djokovic untuk merebut gelar Australia Terbuka keempat berturut-turut telah berakhir dengan kekalahan lima set babak perempat final yang dramatis atas Stanislas Wawrinka, yang membuka peluang bagi juara Grand Slam baru.

Petenis asal Swiss, unggulan ke-8 Stanislas Wawrinka yang telah dikalahkan Djokovic dalam 14 kali pertandingan sebelumnya, menang 2-6, 6-4, 6-2, 3-6, 9-7 Selasa (21/1) malam yang membuatnya maju ke babak semifinal melawan unggulan ke-7 Tomas Berdych.

Ini berarti akan ada paling tidak seorang finalis Australia Terbuka, yaitu pemenang pertandingan semi final antara Wawrinka melawan Berdych, yang belum memiliki gelar juara Grand Slam.

Pada turnamen Australia Terbuka tahun lalu, Djokovic mengalahkan Wawrinka 12-10 pada set kelima dalam waktu 5 jam, 2 menit pada babak keempat, pertandingan terpanjang dalam Grand Slam musim ini.

Djokovic tahun lalu berhasil merebut gelar juara Australia Terbuka untuk ketiga kali berturut-turut. Setelah itu, Djokovic juga menyingkirkan Wawrinka dalam lima set pada babak semifinal turnamen AS Terbuka. Namun kali ini, giliran Wawrinka yang memenangkan pertandingan, setelah sebelumnya selalu kalah dari Djokovic dalam 14 pertemuan sebelumnya.

Tomas Berdych, finalis Wimbledon 2010, untuk pertama kalinya mencapai babak semifinal Australia Terbuka setelah mengalahkan David Ferrer 6-1, 6-4, 2-6, 6-4. Unggulan ke-3 David Ferrer jelas-jelas frustrasi dengan berkali-kali berteriak kepada dirinya sendiri setiap kali ia mencetak poin dan bertubrukan dengan seorang hakim garis setelah mematahkan servis Berdych dalam game keenam pada set ketiga.

Petenis Spanyol usia 31 tahun itu mengatakan tubrukan itu tidak disengaja yang terjadi pada saat ia merasa sangat grogi selagi mengambil handuk, katanya “bukan apa-apa….saya langsung meminta maaf kepadanya.”

Ferrer terancam sanksi jika terbukti sengaja menabrak hakim garis pertandingan.

Sementara dalam nomor tunggal puteri, petenis Kanada usia 19 tahun Eugenie Bouchard maju ke babak semifinal dalam upaya partisipasi pertamanya dalam Australia Terbuka. Ia mengalahkan Ana Ivanovic 7-5, 5-7, 6-2 dan akan berhadapan melawan finalis dua kali, Li Na.

Upaya Bouchard sebagai petenis Kanada pertama mencapai babak semifinal Australia Terbuka berarti bahwa finalis dua kali, Li Na, yang mengalahkan Flavia Pennetta 6-2, 6-2, akan menghadapi petenis usia remaja untuk ketiga kalinya dalam turnamen ini.

Favorit juara Australia Terbuka, petenis AS unggulan pertama Serena Williams dan petenis Rusia unggulan ketiga Maria Sharapova telah kandas di babak perdelapan final. Serena kalah tiga set dari petenis Serbia Ana Ivanovic, sementara Sharapova kalah dari petenis Slovakia, Dominika Cibulkova juga dalam pertandingan tiga set. Cibulkova akan berhadapan dengan petenis Romania, Simona Halep dalam babak perempat final.
XS
SM
MD
LG