Tautan-tautan Akses

Wawancara VOA dengan Menlu RI Retno Marsudi Tentang Pembebasan 2 WNI dari OPM


Menteri Luar Negeri Retno Lestari Marsudi (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Retno Lestari Marsudi (Foto: dok).

Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Papua Nugini (PNG) yang telah berhasil membantu Indonesia dalam upayanya membebaskan dua orang warga negara Indonesia dari tangan Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Keberhasilan Pemerintah Indonesia membebaskan dua WNI tersebut merupakan kekuatan diplomatik Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Berikut wawancara eksklusif Reporter VOA Andylala dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

VOA : Kami mendapat kabar bahwa dua WNI kita sudah dibebaskan oleh Pemerintah Papua Nugini dari tangan OPM. Bisa dijelaskan ibu..

Menlu Retno Marsudi : Ya memang semalam sekitar jam 19.35 WIB, kami mendapat informasi mengenai dapat dibebaskannya dua warga negara kita. Setelah itu saya melakukan pengecekan di lapangan mengenai kebenaran berita tersebut. Dan diperoleh konfiimasi bahwa betul bahwa warganegara kita sudah dapat dibebaskan dari kelompok penyandera.

Nah sekarang, setelah semalam kita membicarakan masalah bagaimana serah terimanya, Alhamdulillah pada pagi hari ini jam 08.00 WIB, serah terima sudah dilakukan kepada konsul Republik Indonesia di Vanimo untuk selanjutnya diserahterimakan kepada Pangdam dan kemudian ke pihak Pemda untuk diserahkan kepada pihak keluarga. Saya sendiri sudah bicara langsung dengan kedua warga negara kita, dan mereka berdua Alhamdulillah dalam kondisi sehat.

Apakah sudah ada tanggapan dari pak Presiden Jokowi terkait hal ini ?

Sudah. Dapat kami informasikan dalam beberapa hari belakang kemarin komunikasi sangat intensif terbuka dengan otoritas PNG. Saya dari waktu ke waktu menjalin komunikasi dengan menteri luar negeri, dengan panglima angkatan bersenjata, juga dengan tim yang berada di lapangan, untuk terus membahas mengenai masalah pembebasan sandera tersebut.

Kemarin sore Presiden Republik Indonesia juga sudah melakukan komunikasi dengan Perdana Menteri PNG, dan barusan saya menghadap Presiden dan Presiden juga menyampaikan bahwa beliau sudah berkomunikasi lagi dengan Perdana Menteri PNG soal pelepasan sandera.

Ibu, ini kan yang melakukan penyanderaan adalah dari Organisai Papua Merdeka, apakah mereka berasal dari warganegara Indonesia atau warga negara asing?

Kita sedang melakukan pendalaman. Prioritas kita sekarang dan Alhamdulillah sudah dapat kita peroleh adalah pembebasan sandera dua warganegara kita dengan selamat. Selanjutnya, Indonesia akan mendalami lebih dalam mengenai siapa yang bertanggung jawab terhadap penyanderaan ini.

Ibu Retno terimakasih atas waktu yang diberikan kepada Voice Of America

Terimakasih​

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG