Tautan-tautan Akses

Washington University Tuan Rumah Debat Capres AS Kedua


Washington University, St. Louis, Missouri

Washington University, St. Louis, Missouri

Washington University di St. Louis, Missouri kembali menjadi tuan rumah debat capres AS kedua pada rangkaian pemilihan presiden AS tahun ini. Ini adalah kali kelima bagi kampus yang terletak di St. Louis, Missouri menjadi tuan rumah debat.

Debat capres AS kedua akan berlangsung pada hari Minggu, 9 Oktober pukul 20:00 waktu setempat atau Senin, 10 Oktober pukul 8:00 WIB. Debat kali ini mengambil format town hall, di mana pertanyaan yang diajukan kepada kedua kandidat yaitu Donald Trump dan Hillary Clinton berasal dari para penonton. Untuk pertama kalinya pula warga AS dan internasional bisa mengajukan pertanyaan kepada kedua kandidat melalui media sosial.

Sekitar 400 orang akan berada di panggung dan ada sekitar 1000 orang akan memenuhi aula debat di Washington University ini. Pihak universitas mencatat 3000 awak media yang telah mendaftar untuk meliput debat kali ini.

Washington University pertama kali menjadi tuan rumah debat pada 11 Oktober 1992. Ketika itu pihak kampanye Presiden George H.W. Bush dan Gubernur Bill Clinton mencapai kesepakatan untuk jadwal debat, namun tidak ada tempat yang tersedia. Janet Brown, Direktur Eksekutif Komisi Debat Capres kemudian menghubungi Senator Missouri saat itu, Jack Danforth, dan menawarkan kesempatan kepada kota St. Louis untuk menjadi tuan rumah debat pertama kalinya.

Aula debat di Washington University, St. Louis, Missouri

Aula debat di Washington University, St. Louis, Missouri

Sejak itu nama Washington University selalu termasuk dalam daftar lokasi yang diajukan untuk penyelenggaraan debat capres. Dalam wawancara dengan VOA, Janet mengatakan “kampus ini punya standar tinggi dalam menyelenggarakan debat.”

Washington University sebelumnya terpilih untuk lokasi debat pada tahun 1996 (namun batal pada saat-saat terakhir), 2000, 2004, 2008 (debat cawapres).

Persiapan di aula debat Washington University, St. Louis, Missouri

XS
SM
MD
LG