Tautan-tautan Akses

Wartawan Ukraina yang Pro-Rusia Tewas Ditembak


Oles Buzina, redaktur surat kabar Segodnya, ditembak di dekat rumahnya di Kyiv oleh dua orang bersenjata bertopeng (foto: dok).

Oles Buzina, redaktur surat kabar Segodnya, ditembak di dekat rumahnya di Kyiv oleh dua orang bersenjata bertopeng (foto: dok).

Seorang wartawan terkemuka Ukraina yang terkenal karena pandangannya yang pro-Rusia ditembak, Kamis (16/4).

Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan online bahwa Oles Buzina, redaktur surat kabar Segodnya, ditembak di dekat rumahnya di Kyiv oleh dua orang bersenjata bertopeng.

Sehari sebelumnya hari Rabu (15/4), Oles Kalashnikov, mantan anggota parlemen yang setia kepada presiden pro-Rusia Viktor Yanukovich yang terguling, tewas dalam serangan serupa di luar apartemennya di ibukota Ukraina.

Presiden Petro Poroshenko mengatakan Kamis, itu "jelas bahwa kejahatan ini memiliki asal yang sama" dan menekankan perlunya penyelidikan segera dan transparan.

Penasihat Kementerian Dalam Negeri Poroshenko mengemukakan kepada Presiden Porosenko kedua orang itu terlibat dalam gerakan "Anti-Maidan" , yang menentang protes pro-Barat yang menyebabkan tersingkirnya Viktor Yanukovich pada tahun 2014.

"Tampaknya penembakan saksi dalam peristiwa Anti-Maidan terus berlanjut," kata Anton Gerashchenko dalam Facebook.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam pertemuan tanya-jawab langsung tahunan di televisi Rusia hari Kamis bahwa kematian Buzina itu bermotif politik.

"Ini bukan pembunuhan bertema politik pertama. Ukraina menghadapi serentetan pembunuhan semacan itu”, kata Presiden Putin.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG