Tautan-tautan Akses

Wartawan Radio Free Iraq Dibunuh di Baghdad


Pasukan keamanan berjaga-jaga sementara para jurnalis Irak menyalakan lilin di tempat kepala biro Radio Free Iraq di Baghdad, Irak (22/3). (AP/Karim Kadim)

Pasukan keamanan berjaga-jaga sementara para jurnalis Irak menyalakan lilin di tempat kepala biro Radio Free Iraq di Baghdad, Irak (22/3). (AP/Karim Kadim)

Saksi mata mengatakan Mohammed Bdaiwi Owaid al-Shammari ditembak mati Sabtu pagi (22/3) oleh pengawal presiden Irak.

Kepala biro Radio Free Iraq - RFE/RL di Baghdad ditembak dan dibunuh di pos pemeriksaan dekat rumahnya di ibukota Irak.

Saksi mata mengatakan Mohammed Bdaiwi Owaid al-Shammari ditembak mati Sabtu pagi (22/3) oleh pengawal presiden Irak di pintu gerbang kompleks tersebut setelah keduanya berdebat mengenai kendaraan siapa yang seharusnya lebih dulu melewati pos pemeriksaan.

Penjaga itu melarikan diri dari tempat kejadian perkara setelah penembakan itu tetapi kemudian diserahkan kepada pihak berwenang.

Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki bertemu sebentar dengan keluarga wartawan itu dan menjanjikan mereka tindakan cepat.

Al-Shammari, 46, yang di udara dikenal sebagai Hasan Rashid, sudah lama menjadi wartawan dan mulai bekerja untuk Radio Free Irak pada 2006, lalu menjadi kepala biro Baghdad pada 2012.

RFE/RL adalah jaringan di dalam Broadcasting Board of Governors atau BBG, agen independen federal yang mengawasi semua media sipil internasional yang didukung pemerintah Amerika, termasuk Voice of America.

Ketua BBG Jeff Shell menggambarkan al-Shammari sebagai "wartawan berkomitmen" yang bekerja untuk memastikan bahwa rakyat Irak menerima berita terpercaya dan tidak bias.

Ia adalah wartawan Radio Free Iraq ketiga yang dibunuh sejak mulai radio tersebut memulai siaran pada 1998. Ia meninggalkan seorang istri dan tiga anak.
XS
SM
MD
LG