Tautan-tautan Akses

Wartawan dan Sejarawan Tenis Bud Collins Meninggal Dunia


ARSIP – Komentator tenis Bud Collins, meninggal dunia dalam usia 86 tahun, Jumat, 4 Mar 2016.

ARSIP – Komentator tenis Bud Collins, meninggal dunia dalam usia 86 tahun, Jumat, 4 Mar 2016.

Penulis dan pembawa acara olah raga tenis Bud Collins meninggal dunia pada usia 86 tahun. Ia meninggal di rumahnya di Brookline, Massachusetts, hari Jumat, 4 Maret 2016. Bud dianggap berjasa membuka jalan bagi para wartawan koran untuk pindah ke bidang penyiaran.

Penulis dan pembawa acara olah raga tenis Bud Collins, yang menyebut dirinya sebagai seorang "penyair buruk dan tukang komentar," telah meninggal dunia pada usia 86 tahun.

Ia tampil di hadapan penonton untuk terakhir kalinya bulan September lalu di New York, ketika pusat media di Grand Slam Amerika Terbuka didedikasikan atas namanya sebagai penghormatan. Plakat untuk Bud Collins di pusat media itu bertuliskan "Wartawan, Komentator, Sejarawan, Mentor, Teman."

Bud Collins, yang meninggal di rumahnya di Brookline, Massachusetts, hari Jumat, dianggap berjasa membuka jalan bagi para wartawan koran untuk pindah ke bidang penyiaran, wajahnya akrab bagi pemirsa televisi AS untuk acara "Breakfast at Wimbledon" di saluran TV NBC.

Bud Collins menulis sejumlah buku, termasuk The Education of a Tennis Player (bersama Rod Laver, tahun 1971), Evonne! On the Move (bersama Evonne Goolagong Cawley, tahun 1974), dan sebuah memoar, My Life With the Pros (tahun 1989).

Ia juga menulis beberapa ensiklopedia tenis, termasuk The Modern Encyclopedia of Tennis, The Bud Collins Tenis Encyclopedia, dan Total Tennis yang menjadi standar acuan utama dalam olahraga.

Bud Collins menikah dengan fotografer Anita Ruthling Klaussen. [zb]

XS
SM
MD
LG