Tautan-tautan Akses

Wartawan AS dan Penerjemah Tewas di Afghanistan


Wartawan AS David Gilkey (kanan) dan penerjemahnya, Zabihullah Tamanna, tewas dalam sebuah serangan di Afghanistan selatan (5/6).

Wartawan AS David Gilkey (kanan) dan penerjemahnya, Zabihullah Tamanna, tewas dalam sebuah serangan di Afghanistan selatan (5/6).

The National Public Radio (NPR) mengidentifikasi kedua orang yang tewas tersebut adalah wartawan foto David Gilkey dan penerjemah Zabihullah Tammana.

Seorang wartawan veteran Amerika dan penerjemahnya orang Afghanistan dilaporkan tewas di Afghanistan hari Minggu (5/6), setelah mendapat serangan saat bepergian dengan unit militer Afghanistan di provinsi Helmand, Afghanistan selatan.

The National Public Radio (NPR) yang berbasis di Amerika mengidentifikasi kedua orang yang tewas tersebut adalah wartawan foto David Gilkey dan penerjemah Zabihullah Tammana.

Dua wartawan lainnya dalam konvoi tersebut dilaporkan terluka. Belum ada rincian lain yang tersedia, dan belum jelas pada Minggu malam tentang seberapa besar unit militer tersebut atau apakah ada korban tewas lainnya.

Situs NPR menggambarkan David Gilkey, 50, sebagai fotografer dan editor video pemenang penghargaan, dan salah seorang wartawan pertama yang masuk ke Afghanistan tanpa kawalan setelah serangan teror tanggal 11 September 2001 di Amerika.

David Gikley juga meliput konflik di Jalur Gaza antara Israel dan Hamas tahun 2008-2009, yang dikenal secara luas sebagai Perang Gaza, serta meliput bencana gempa dahsyat yang melanda Haiti pada awal tahun 2010. [zb]

XS
SM
MD
LG