Tautan-tautan Akses

Warga Korsel Antusias Ikuti Pemilihan Presiden


Warga Korea Selatan antri di salah satu TPS di Seoul, Korea Selatan untuk memberikan suaranya dalam pemilihan presiden (19/12).

Warga Korea Selatan antri di salah satu TPS di Seoul, Korea Selatan untuk memberikan suaranya dalam pemilihan presiden (19/12).

Warga Korea Selatan antusias dalam memberikan suaranya untuk memilih presiden Korea Selatan, Rabu (19/12).

Walaupun suhu cuaca sangat dingin, partisipasi awal rakyat sangat besar saat TPS dibuka Rabu pagi (19/12). Pemilihan berakhir pukul 6 petang waktu setempat dan hasilnya akan langsung diumumkan malam ini juga.

Angket pendapat umum yang dikeluarkan pekan lalu menunjukkan Park Geun-hye dari Partai Garis Depan Baru yang berkuasa dan konservatif sedikit lebih unggul atas saingannya, Moon Jae-in, dari partai oposisi kiri-moderat, Partai Demokrasi Bersatu.

Park, seorang anggota parlemen yang telah bekerja lima kali masa jabatan sebagai anggota parlemen dan putri mendiang diktator Korea Selatan Park Chung-hee, mengatakan kepada wartawan dia optimistis saat memberi suara di ibukota, Seoul.

Moon, yang pernah dipenjarakan karena memrotes pemerintahan ayah Park, memberi suaranya di kota pelabuhan Busan di bagian tenggara negara itu.

Kedua calon telah berjanji untuk memperbaiki kesenjangan pendapatan yang melebar dan semakin melebar di bawah pemerintahan Presiden Lee Myung-bak, yang akan meletakkan jabatan pada akhir masa-jabatan lima tahunnya.
XS
SM
MD
LG