Tautan-tautan Akses

Warga Eropa Unjuk Rasa Anti Penghematan


Para pendukung partai sayap kanan Hungaria, Jobbik, berunjuk rasa anti kebijakan ekonomi pemerintah di Budapest (12/5).

Para pendukung partai sayap kanan Hungaria, Jobbik, berunjuk rasa anti kebijakan ekonomi pemerintah di Budapest (12/5).

Unjuk rasa anti penghematan merebak di Spanyol, Hungaria dan seluruh Eropa hari Sabtu (12/5).

Puluhan ribu demonstran berkumpul di Barcelona dan kota-kota Spanyol lainnya menandai peringatan pertama gerakan demonstrasi 'kemarahan'. Spanyol mengalami kesulitan ekonomi sehingga meningkatkan kekhawatiran negara itu mungkin membutuhkan dana talangan seperti Yunani dan Irlandia.

Banyak warga Spanyol mengatakan langkah-langkah penghematan yang keras tidak akan membantu meningkatkan perekonomian jika angka pengangguran masih tinggi dan layanan kesehatan serta pendidikan dirugikan.

Di Budapest, ibukota Hungaria, pendukung partai sayap kanan berdemo memprotes kebijakan ekonomi pemerintah termasuk kenaikan pajak dan langkah penghematan lainnya. Sebagian aktivis membawa slogan-slogan anti Uni Eropa dan mengatakan sejak bergabung dengan blok ekonomi tersebut pemerintah telah menjual negara itu pada perusahaan-perusahaan besar multinasional dan bank-bank asing.

Sebagian aktifis sayap kanan Hungaria itu mengatakan jika Swiss dan Norwegia bisa makmur di luar blok 27 negara itu, Hungaria juga bisa.
XS
SM
MD
LG