Tautan-tautan Akses

Warga Vietnam Protes Kilang Minyak China


Ratusan warga Vietnam melakukan unjuk rasa di depan Kedubes China di Hanoi hari Minggu (11/5).

Ratusan warga Vietnam melakukan unjuk rasa di depan Kedubes China di Hanoi hari Minggu (11/5).

Ratusan warga Vietnam hari Minggu (11/5) di Hanoi melakukan unjuk rasa, memprotes penempatan anjungan pengeboran minyak China di perairan Laut China Selatan.

Ratusan orang berdemonstrasi di luar Kedutaan Besar China di ibukota Vietnam hari Minggu (11/5) untuk memprotes penempatan sebuah anjungan pengeboran minyak China di perairan Laut China Selatan – di dekat Kepulauan Paracel.

Para petugas keamanan yang tidak berseragam mengawasi para demonstran dengan seksama dan memasang penghalang di sepanjang jalan di sekeliling kedutaan besar itu.

Dalam salah satu demonstrasi anti-China terbesar yang pernah terjadi, para demonstran melambai-lambaikan spanduk dan meneriakkan slogan-slogan anti-China.

Vietnam telah mengirim beberapa kapal di daerah di sekitar kilang minyak China itu setelah pemasangannya 1 Mei lalu, tetapi mereka tidak mampu melewati kapal-kapal China yang melindungi instalasi tersebut.

China mengklaim hampir seluruh kawasan Laut China Selatan. Klaim itu tumpang tindih dengan klaim Vietnam, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina dan Taiwan.
XS
SM
MD
LG