Tautan-tautan Akses

Warga Venezuela Berkabung atas Kematian Chavez


Jenazah Presiden Venezuela Hugo Chavez dibawa melewati jalanan di ibukota Caracas, disambut ribuan pendukungnya yang berduka cita (6/3).

Jenazah Presiden Venezuela Hugo Chavez dibawa melewati jalanan di ibukota Caracas, disambut ribuan pendukungnya yang berduka cita (6/3).

Warga Venezuela yang berduka hari Rabu berbaris di ruas-ruas jalan Caracas selagi iring-iringan jenazah mendiang Presiden Hugo Chavez melalui ibukota itu.

Jenazah pemimpin sosialis sejak lama itu dipindahkan dari rumah sakit militer di mana ia meninggal sehari sebelumnya setelah lama mengidap kanker. Ia meninggal pada usia 58 tahun.

Mendiang presiden itu kini disemayamkan di sebuah akademi militer sampai ia dimakamkan hari Jumat. Para pejabat tidak memberitahu dimana ia akan dimakamkan.

Wakil Presiden Nicolas Maduro mengumumkan kematian Presiden Hugo Chavez di televisi nasional hari Selasa. Ia menghimbau rakyat Venezuela untuk menunjukkan ketabahan dan keberanian untuk tetap bersatu dan memenuhi harapan sosok yang disebutnya seorang “pemimpin besar”.

Maduro diharapkan memimpin pemerintahan Venezuela sampai pemilu presiden bisa diselenggarakan. Menteri Luar Negeri Elias Jaua telah menyatakan pemilu akan diumumkan dalam 30 hari. Pemilu itu tampaknya akan membuat Maduro berhadapan dengan Henrique Capriles, pemimpin oposisi dan gubernur negara bagian.
XS
SM
MD
LG