Tautan-tautan Akses

AS

Warga Tuntut Washington, DC, Jadi Negara Bagian


Petugas di Monumen Washington dengan Memorial LIncoln di belakangnya. (Foto: DOk)

Petugas di Monumen Washington dengan Memorial LIncoln di belakangnya. (Foto: DOk)

Penduduk Washington semakin giat berjuang agar status kota ini diubah dari ibukota federal Amerika Serikat menjadi negara bagian.

Bendera Amerika memiliki 50 bintang yang mewakili 50 negara bagian sejak Hawaii bergabung dalam perserikatan pada tahun 1959. Meski demikian jika gerakan di Washington, DC, berhasil, bendera Amerika mungkin akan memiliki 51 bintang.

Penduduk Washington semakin giat berjuang agar status kota ini diubah dari ibukota federal Amerika Serikat menjadi negara bagian. Gerakan ini berawal sejak tahun 1700an.

Pasal 8 dalam Bab I Konstitusi memberi Kongres kekuasaan terhadap sebuah distrik “tidak melebihi 16 kilometer persegi” sebagai pusat pemerintah federal.

Meski demikian, ketentuan ini membuat daerah unik yang sekarang menjadi tempat tinggal lebih dari 672 ribu orang yang membayar pajak federal tapi tidak mempunyai wakil yang memiliki hak suara baik di Senat maupun DPR.

Menurut banyak penduduk pengertian “pajak tanpa perwakilan” merupakan salah satu alasan utama di balik Revolusi Amerika pada tahun 1776.

District of Columbia atau DC memiliki proses pemilihan apa yang dikatakan dua senator dan satu wakil di DPR bayangan, tapi mereka tidak mempunyai hak pilih di DPR. Penduduk DC tidak berhak untuk memilih presiden sampai tahun 1961. Pemerintah DC tidak bisa mengeluarkan dana yang diperoleh dari pajak setempat dan biaya tanpa persetujuan Kongres.

Senator bayangan DC Paul Strauss, anggota Komisi Negara Bagian New Columbia mengatakan sudah saatnya ini berubah.

“Penduduk DC lelah dengan upaya setengah-setengah. Mereka lelah haknya diabaikan. Kami ingin menjadi sebuah negara bagian," ujarnya.

Dikepalai oleh walikota DC, Muriel Bowser, Komisi itu mengadakan Konvensi Konstitusi pada bulan Juni untuk menyampaikan rancangan konstitusi bagi negara bagian yang diusulkan itu yang sekarang dijuluki New Columbia. [my/al]

XS
SM
MD
LG