Tautan-tautan Akses

Warga Tibet di Pengasingan Adakan Pertemuan di India Utara


Sekitar 400 delegasi bertemu di kota Dharamsala, India Utara, untuk mengikuti Sidang Umum Istimewa Warga Tibet hari Selasa (25/9).

Sekitar 400 delegasi bertemu di kota Dharamsala, India Utara, untuk mengikuti Sidang Umum Istimewa Warga Tibet hari Selasa (25/9).

Orang-orang Tibet di pengasingan dari seluruh dunia berkumpul di India Utara untuk membicarakan cara-cara menanggapi gelombang protes

Warga Tibet di pengasingan dari seluruh dunia mengadakan pembicaraan di India utara mengenai cara menanggapi gelombang pembakaran diri warga Tibet yang memprotes pemerintahan Tiongkok.

Sekitar 400 delegasi bertemu di kota Dharamsala di India hari Selasa untuk memulai Pertemuan Umum Khusus Warga Tibet.

Pertemuan hari Selasa itu dimulai dengan prosesi peserta yang membawa foto Dalai Lama. Pemimpin spiritual Tibet itu tidak turut serta dalam diskusi tersebut karena pensiun dari politik. Tapi ia akan ikut serta dalam sesi doa hari Jumat, hari terakhir pertemuan itu.

Pertemuan empat hari itu diperkirakan akan terpusat pada tekanan agama dan politik yang dihadapi warga di Tibet serta cara-cara untuk menghadapi puluhan pembakaran diri warga Tibet dalam beberapa tahun ini.

Tiongkok mengatakan pembakaran diri itu memicu separatisme dan diatur dari luar Tibet. Tapi wakil Dalai lama yang tinggal di Dharamsala, mengatakan warga Tibet terdorong untuk membakar diri mereka antara lain karena mereka tidak bisa lagi mentolerir tekanan Tiongkok terhadap budaya dan agama orang Tibet.

Perdana menteri pemerintahan Tibet di pengasingan, Lobsang Sangay menandaskan pandangan itu dalam diskusi hari Selasa.

Pemerintah Tibet di pengasingan mengatakan 51 warga Tibet membakar diri sejak bulan Maret 2009 untuk memprotes pemerintahan Tiongkok.

Tiongkok menganggap Tibet sebagai bagian dari wilayahnya dan sejak lama menuduh Dalai Lama berusaha memisahkan kawasan Himalaya itu dari Tiongkok. Dalai Lama berkali-kali mengatakan ia berjuang bukan bagi kemerdekaan bangsa Tibet tapi bagi otonomi yang lebih besar.
XS
SM
MD
LG