Tautan-tautan Akses

Warga Texas Kenakan Topi Koboi Hanya di Acara Rodeo

  • Greg Flakus

Pertunjukkan Ternak dan Rodeo di Houston yang berlangsung tiga minggu merupakan kesempatan bagi warga Texas untuk mengenakan topi koboi (foto: dok).

Pertunjukkan Ternak dan Rodeo di Houston yang berlangsung tiga minggu merupakan kesempatan bagi warga Texas untuk mengenakan topi koboi (foto: dok).

Meskipun warga Texas terkenal dengan tampilan topi koboinya, kebanyakan orang di sana tidak terlalu sering mengenakan topi koboi. Tetapi waktu musim rodeo di Houston, hampir setiap orang mengenakan topi koboi.

Di Pertunjukkan Ternak dan Rodeo Houston, banyak orang memiliki topi koboi dan ternak. Tetapi, lebih dari 80 persen warga Texas kini tinggal di perkotaan. Acara rodeo memberi mereka kesempatan untuk merasakan semangat koboi.

Perempuan juga ikut menikmatinya. "Saya suka kostum western, dan saya menyukai rodeo. Saya biasanya datang 10 sampai 12 kali," ujar seorang perempuan.

Jika tidak memiliki topi, banyak yang menjualnya.

Kita bahkan bisa minta dibuatkan secara khusus oleh pembuat topi Shorty Koger di Oklahoma, tetapi harus menunggu. Ia mengatakan, "Jika Anda hanya ingin membuat satu topi, perlu waktu seminggu penuh."

Jika topi ingin dibersihkan dan dibentuk kembali, John Garcia adalah ahlinya. Ia mempergunakan mesin uap untuk pekerjaan ini. "Uap bisa mengubah bentuk topi, membuatnya lebih ketat atau lebih longgar," paparnya.

Peternak Kansas Harold Ralston tahu betul bagaimana menilai topi koboi. Ia menuturkan, "Jika topinya bagus dan bersih, itu artinya baru keluar dari kotaknya. Saya mendapat topi ini ketika saya pensiun."

Aktor film Buck Taylor senantiasa memakai topi koboi. Ia juga melukis adegan-adegan western dan menjualnya di acara-acara rodeo. "Koboi tidak pernah mengejek atau mentertawakan sesorang yang mengenakan topi koboi,”amya.

Taylor adalah aktor di serial TV Gunsmoke pada tahun 1970-an.

Ia menyukai gaya western lama, seperti tercermin dalam lukisannya yang menggambarkan penunggang kuda rodeo seabad yang lalu. "Koboi jaman dulu lebih cemerlang. Saya berpendapat kita lebih lembut dibandingkan mereka," paparnya lagi.

Taylor mengatakan orang-orang yang mengenakan pakaian ala koboi pada acara-acara rodeo menyumbang pada pelestarian budaya Western.

Jadi, tidak masalah jika Anda tidak memiliki ternak. Pada pesta rodeo, Anda selalu bisa memakai topi koboi.
XS
SM
MD
LG