Tautan-tautan Akses

Warga Rusia Bereaksi di Internet soal Putin dan Laporan Panama


Media pemerintah Rusia dikecam karena "membisu" setelah laporan kemungkinan keterlibatan Presiden Putin dalam pencucian uang (foto: dok).

Media pemerintah Rusia dikecam karena "membisu" setelah laporan kemungkinan keterlibatan Presiden Putin dalam pencucian uang (foto: dok).

Leonid Volkov seorang penulis blog oposisi mengecam media pemerintah Rusia karena membisu setelah laporan kemungkinan keterlibatan Presiden Putin dalam pencucian uang skala besar.

Dengan bantahan juru bicara pemerintah Rusia terhadap tuduhan-tuduhan keterlibatan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pencucian uang skala besar, media pemerintah Rusia tidak banyak bahkan tidak memuat laporan wartawan besar-besaran yang mendominasi pemberitaan di seluruh dunia.

Meski demikian di internet pihak oposisi Rusia berusaha membahas kalaupun ada, apa kemungkinan dampak penyelidikan Konsorsium Wartawan Penyelidik Internasional (ICIJ) pada panggung politik Rusia.

Leonid Volkov seorang penulis blog oposisi menyerang wartawan media pemerintah karena jelas-jelas membisu setelah laporan ICIJ itu.

Volkov dalam pesan di akun Twitternya mengatakan, “Penyelidikan itu menunjukkan benar-benar tidak ada malu, kesadaran dan akal sehat di antara 95% wartawan Rusia.”

Yang lainnya berkomentar bahwa meskipun laporan ICIJ luar biasa tapi baru menyentuh hanya permukaan kegiatan yang korup.

Politisi oposisi dan aktivis anti korupsi Alexey Navalny dalam blognya menulis “penting untuk dipahami: penyelidikan ini didasarkan hanya pada satu perusahaan Panama”.

“Jadi hanya sekelumit dari simpanan para birokrat di luar negeri, hanya bagian kecil” tulis Navalny yang menyerukan agar warga Rusia yang disebut dalam penyelidikan itu menghadapi kemungkinan hukuman penjara. [my/al]

XS
SM
MD
LG