Tautan-tautan Akses

Warga Palestina Lempari Telur Konvoi Menlu Kanada


Menlu Kanada John Baird saat melakukan konferensi pers di Kairo (15/1).

Menlu Kanada John Baird saat melakukan konferensi pers di Kairo (15/1).

Warga Palestina memrotes kedatangan Menlu Kanada John Baird ke Ramallah, Tepi Barat, karena dinilai lebih pro-Israel.

Puluhan warga Palestina hari Minggu (18/1) melemparkan telur dan sepatu ke arah konvoi Menteri Luar Negeri Kanada John Baird yang dinilai lebih pro-Israel. Para demonstran membawa poster bertuliskan kata “Baird tidak disambut di Palestina” dan “Baird, Yerusalem adalah ibukota Palestina”.

John Baird yang sedang berkunjung ke Ramallah, sedianya mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riad Malki.

Kantor berita Associated Press melaporkan Baird mengesampingkan demonstrasi itu dengan mengatakan ia pernah menghadapi yang lebih buruk sebelumnya.

Baird pernah menjabat sebagai Menteri Komunitas dan Layanan Sosial dalam pemerintahan konservatif Perdana Menteri Mike Harris tahun 1999-2002, yang menerapkan kebijakan-kebijakan kontroversial untuk memangkas layanan kesejahteraan dan menumpas kecurangan. Baird membela dukungan pemerintah Kanada pada Israel dengan menyebutnya sebagai “satu-satunya negara liberal dan demokratis di kawasan itu”.

Kanada menentang resolusi PBB untuk mengakhiri pendudukan Israel di wilayah Palestina dan upaya Palestina baru-baru ini yang memasukkan tuduhan kejahatan perang ke Mahkamah Kriminal Internasional.

Aktivis-aktivis Partai Fatah pimpinan Presiden Palestina Mahmoud Abbas sebelumnya telah menyerukan pemboikotan terhadap kunjungan Baird karena sikapnya terhadap Timur Tengah.

Baird akan berasa di kawasan itu selama lima hari untuk mengadakan pertemuan dengan pejabat-pejabat Israel dan Palestina.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG