Tautan-tautan Akses

Warga Palestina Demo Serukan Rekonsiliasi Pemerintah

  • Susy Tekunan

Warga Palestina melambaikan bendera dan menyerukan slogan dalam demonstrasi rekonsiliasi Hamas dan Fatah di Tepi Barat.

Warga Palestina melambaikan bendera dan menyerukan slogan dalam demonstrasi rekonsiliasi Hamas dan Fatah di Tepi Barat.

Puluhan ribu demonstran dorong Hamas dan Fatah untuk mengakhiri pertikaian.

Puluhan ribu warga Palestina berdemo di Tepi Barat dan Jalur Gaza untuk menyerukan rekonsiliasi antara pemerintah Palestina yang bersaing di dua wilayah itu.

Demonstrasi hari Selasa di kota Gaza dan beberapa bagian tepi barat digalang lewat Facebook oleh para aktivis internet yang menyebut diri mereka “Anak Muda 15 Maret”.

Para demonstran yang membawa poster-poster mendesak militan Hamas yang menguasai Gaza dan Fatah yang memimpin pemerintahan di Tepi Barat mengakhiri pertikaian yang memecah mereka sejak tahun 2007 ketika Hamas memaksa Fatah keluar dari Gaza. Demonstrasi-demonstrasi itu merupakan yang terbaru yang didorong pergolakan rakyat menentang para penguasa otoriter di beberapa negara Arab.

Pihak berwenang Hamas dan Fatah menyetujui demonstrasi-demonstrasi itu namun tidak terang-terangan ikut berpartisipasi. Para penyelenggara berkeras demonstrasi itu tidak berpihak.

Puluhan ribu orang berdemonstrasi di kota Gaza, sementara sekitar delapan ribu orang bergabung di Ramallah dan kota-kota Tepi Barat lainnya.

Sebagian demonstran di kota Gaza terlibat dalam konfrontasi melempar batu dengan pendukung Hamas yang dituduh menghalangi gerakan rekonsiliasi itu. Ketika demonstrasi berakhir, saksi mata mengatakan pasukan keamanan Hamas mulai memukuli demonstran dengan pentungan untuk membubarkan mereka.

Perdana Menteri Hamas, Ismail Haniyeh hari Selasa meminta para pemimpin Fatah ikut dalam pembicaraan persatuan “secepatnya” di Gaza. Upaya-upaya mediasi Arab untuk merekonsiliasi Hamas dan Fatah berulang kali gagal dalam beberapa tahun terakhir, karena kedua pihak saling tuduh sebagai penguasa tidak sah.

XS
SM
MD
LG