Tautan-tautan Akses

AS

Warga Oklahoma Gugat Perusahaan Energi Karena Gempa Bumi


Batu-batu mengotori trotoar di sudut jalan Sixth dan Harrison di Pawnee, Oklahoma, setelah gempa bumi terjadi di kota Oklahoma, 3 September 2016.

Batu-batu mengotori trotoar di sudut jalan Sixth dan Harrison di Pawnee, Oklahoma, setelah gempa bumi terjadi di kota Oklahoma, 3 September 2016.

Penduduk di sebuah kota kecil di Oklahoma telah mengajukan gugatan kelompok atau class action terhadap 27 perusahaan energi, menuduh bahwa sumur air limbah perusahaan-perusahaan itu sering menyebabkan gempa bumi.

Gugatan hukum itu menuduh perusahaan-perusahaan itu mencemari lingkungan dengan praktik yang menyebabkan gempa bumi buatan. Oklahoma sering dilanda ribuan gempa bumi dalam beberapa tahun ini. Para ilmuwan mengatakan banyak di antara gempa tersebut disebabkan praktik pengeboran dengan menyuntikkan cairan jauh ke bawah tanah untuk memicu keluarnya gas alam dan minyak.

Air limbah yang dihasilkan dari proses pengeboran semacam itu disalurkan kembali ke tanah lewat sumur-sumur pembuangan. Cara itu berperan besar dalam menyebabkan gempa bumi, kata para ilmuwan, karena naiknya tekanan di bawah tanah membuat garis sesar seismik tidak stabil dan menyebabkan formasi bebatuan besar bergeser, menggetarkan tanah di atasnya.

Para penggugat menuntut ganti rugi yang tidak disebutkan angkanya, jumlah yang “cukup untuk menghukum” perusahaan-perusahaan energi dan cukup untuk “mencegah mereka melakukan langkah semacam itu di masa depan.” [vm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG