Tautan-tautan Akses

Warga Muslim dan Kristen Mesir Bentrok di Kairo, Dua Cedera


Warga Kristen Koptik Mesir melakukan protes dengan memasang barikade pada jalan menuju gedung utama TV pemerintah Mesir di Kairo (15/5).

Warga Kristen Koptik Mesir melakukan protes dengan memasang barikade pada jalan menuju gedung utama TV pemerintah Mesir di Kairo (15/5).

Saksi mata mengatakan batu dilempar dan kendaraan dibakar di luar gedung utama televisi pemerintah Mesir, Sabtu malam.

Pejabat keamanan Mesir mengatakan sedikitnya dua orang cedera dalam bentrokan antara demonstran Kristen dan Islam di Kairo. Bentrokan sektarian itu dimulai hari Sabtu malam dan berlangsung hingga Minggu pagi.

Saksi mata mengatakan batu dilempar dan kendaraan dibakar di luar gedung utama televisi pemerintah Mesir, di mana para demonstran telah melancarkan aksi duduk selama beberapa hari terakhir. Pasukan keamanan melepaskan tembakan ke udara untuk menertibkan massa.

Tindakan kekerasan itu terjadi kira-kira seminggu setelah massa Islam menyerang komunitas minoritas Kristen Koptik Mesir, mereka membakar dua gereja dan 12 korban tewas di kawasan kumuh Imbaba di Kairo.

Warga Kristen kira berjumlah sekitar 10 persen dari 80-juta rakyat Mesir. Mereka bergabung bersama warga muslim selama protes penggulingan Presiden Hosni Mubarak awal tahun ini, tetapi setelah itu perselisihan sektarian telah meningkat .

Mesir mengatakan sedang mempertimbangkan undang-undang baru yang dirancang untuk menghentikan kekerasan sektarian, termasuk melarang protes di tempat-tempat ibadah dan penggunaan slogan-slogan agama untuk menghasut kebencian.

XS
SM
MD
LG