Tautan-tautan Akses

Warga Muslim AS Bantu Beri Makan Tunawisma dan Warga Miskin

  • Sri Purwati

Para tuna wisma dan orang-orang yang membutuhkan antri untuk menerima bantuan air minum dan makanan (foto: dok).

Para tuna wisma dan orang-orang yang membutuhkan antri untuk menerima bantuan air minum dan makanan (foto: dok).

Warga Muslim Amerika mendirikan organisasi untuk membantu memberi makan ribuan warga miskin dan tunawisma di beberapa kota di negara bagian New Jersey dan Pennsylvania.

Warga Muslim Amerika melakukan berbagai kegiatan amal dalam bulan Ramadan antara lain membagikan makanan bagi orang- orang miskin dan tunawisma di berbagai kota, termasuk kota-kota di New Jersey dan Pennsylvania, Amerika.

Sebenarnya pembagian makanan bagi ribuan orang ini tidak hanya dilakukan dalam bulan puasa, tetapi juga telah dilakukan tiap bulan di luar bulan puasa.

The National Islamic Association, sebuah masjid di Newark, New Jersey, salah satu Islamic Center yang bermitra dengan 'American Muslims for Hunger Relief' atau AMRH, setiap bulan membuka dapur umum di fasilitas-fasilitasnya.

Organisasi bantuan, American Muslim for Hunger Relief adalah organisasi masyarakat yang mengkoordinasi pengumpulan dan pembagian makanan dengan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan lokal yang menyumbangkan makanan melalui dapur-dapur umum. bank-bank makanan dan program-program 'meal on the wheels' atau semacam 'dapur berjalan' yang membagikan makanan dengan menggunakan mobil.

AMHR memberikan bantuan berupa bingkisan makanan, roti, minuman air, dan buah-buahan. Tujuannya adalah menciptakan jaringan sukarela di kota-kota di Amerika untuk berjuang dan melenyapkan kelaparan.

National Islamic Association mengatakan, tidak memberikan bahan-bahan dakwah dalam pembagian makanan itu.

Tujuan tunggal mereka adalah memberi makanan kepada masyarakat yang memerlukannya. Kalau mereka bertanya mengenai Islam, mereka akan menjawabnya dan memberikan informasi.

Bukan hanya di New Jersey dan Pennsylvania, tetapi juga di tempat-tempat lain, seperti Florida terdapat program seperti itu, bagi orang miskin dan tunawisma.
Di Tampa, Florida selain memperoleh makanan, mereka juga mendapat barang-barang lain, seperti pakaian dan sepatu.

Organisasi-organisasi lain juga mengadakan kegiatan bantuan, seperti Council on American Islamic Relations.

Sebuah program Muslim “Day of Dignity” diperkenalkan ke seluruh Amerika tujuh tahun lalu, untuk melayani dan menolong warga Amerika yang tunawisma, miskin dan rentan baik Muslim maupun bukan.

Selama bulan Ramadan ini, kegiatan-kegiatan amal oleh organisasi-organisasi dan kelompok-kelompok Muslim semakin ditingkatkan.
XS
SM
MD
LG