Tautan-tautan Akses

Warga Mesir Tolak Rancangan Konstitusi Panel Islamis


Ribuan warga Mesir berunjuk rasa menentang rancangan konstitusi yang sudah disepakati oleh panel Islamis, Jum'at (30/11).

Ribuan warga Mesir berunjuk rasa menentang rancangan konstitusi yang sudah disepakati oleh panel Islamis, Jum'at (30/11).

Puluhan ribu warga Mesir berunjuk rasa menentang sebuah rancangan konstitusi yang telah disetujui sebuah panel Islamis, Jumat (30/11).

Para pengunjuk rasa berkumpul di Alun-Alun Tahrir Kairo untuk hari ke 8 berturut-turut, menentang presiden Mohamad Morsi dan rancangan konstitusi yang siap untuk dihadapkan pada sebuah referendum nasional. Protes besar-besaran juta terjadi di Alexandria.

Dalam perkembangan lainnya Jumat (30/11), peradilan negara bergabung dengan anggota judisial guna melakukan pemogokan setelah Presiden Morsi memberi dirinya kekuasaan luar biasa. Hakim-hakim peradilan Mesir mengumumkan aksi mogok kerja, kecuali dalam kasus-kasus mendesak, serta menuntut pembatalan dekrit yang memberi presiden kekebalan dari pengawasan judisial.

Presiden Morsi telah bersilang pendapat dengan hakim-hakim Mesir, yang banyak diantara mereka adalah penentang dari Ikhwanul Muslimin, yang anggotanya menguasai parlemen Mesir. Presiden juga anggota dari kelompok yang pernah dilarang ini.
XS
SM
MD
LG