Tautan-tautan Akses

Warga Maladewa Pilih Pemimpin Baru


Seorang warga Maladewa memasukkan surat suaranya ke kotak penitipan suara di salah satu TPS di Male (7/9).

Seorang warga Maladewa memasukkan surat suaranya ke kotak penitipan suara di salah satu TPS di Male (7/9).

Pemilu putaran kedua dijadwalkan akan dilangsungkan tanggal 28 September di Maladewa, apabila tidak ada kandidat yang memenangkan lebih dari 50 persen suara dalam pemilu hari ini, Sabtu (7/9).

Rakyat Maladewa mendatangi TPS-TPS untuk memilih pemimpin baru, hari Sabtu (7/9).

Presiden pertama negara itu yang dipilih secara demokratis dan digulingkan dari jabatannya tahun lalu, termasuk dalam empat kandidat yang berusaha menjadi pemimpin negara itu.

Mantan presiden Mohamed Nasheed mengatakan ia dipaksa mengundurkan diri dibawah todongan senjata menyusul aksi kudeta pada bulan Februari.

Sebuah komisi dalam negeri menolak klaim Nasheed, dengan mengatakan pengalihan kekuasaan tersebut "sesuai hukum dan konstitusional."

Mantan wakil presiden Nasheed yang kini adalah Presiden Mohamed Waheed Hassan, juga termasuk sebagai kandidat dalam pemilihan presiden.

Kedua kandidat lainnya adalah pengusaha Gasim Ibrahim dan Abdulla Yameen, saudara dari otokrat lama Maladewa, Maumoon Abdul Gayoom.

Jika tidak ada kandidat yang memenangkan lebih dari 50 persen suara hari Sabtu, maka pemilihan putaran kedua telah dijadwalkan tanggal 28 September.
XS
SM
MD
LG