Tautan-tautan Akses

Warga Libya Makamkan Komandan Militer Pemberontak


Para anggota pemberontak Libya mengangkat jenazah komandan militer, Abdel Fattah Younes dalam pemakaman di Benghazi (29/7).

Para anggota pemberontak Libya mengangkat jenazah komandan militer, Abdel Fattah Younes dalam pemakaman di Benghazi (29/7).

Abdel Fattah Younes dan dua pembantunya ditembak mati hari Kamis dalam perjalanan menuju markas pemberontak di kota Benghazi.

Ribuan warga Libya hari Jumat datang ke Benghazi yang dikuasai pemberontak untuk menghadiri pemakaman panglima militer oposisi.

Abdel Fattah Younes dan dua pembantunya ditembak mati hari Kamis dalam situasi yang belum diketahui. Panglima militer itu telah menjadi bagian lingkaran dalam pemimpin Libya Moammar Gaddafi sebelum bergabung dengan pemberontak awal tahun ini.

Oposisi Dewan Transisi Nasional (TNC) mengatakan sedang menyelidiki pembunuhan itu. Hanya dikatakan Younes ditembak mati dalam perjalanan menuju Benghazi, guna memenuhi panggilan untuk membahas "satu masalah militer."

Sebelumnya, pemberontak mengatakan telah menahan Younes atas kecurigaan keluarganya mungkin masih berhubungan dengan pemerintahan Gadhafi.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Mark Toner hari Jumat mengatakan kematian Younes akan menimbulkan tantangan bagi pemberontak karena Younes seorang pakar militer dan terampil dalam memimpin.

Younes pernah menjabat menteri dalam negeri semasa pemerintahan Moammar Gadhafi dan salah seorang kepercayaan terdekatnya sebelum mendadak membelot ke pihak oposisi pada awal pemberontakan, yang dimulai bulan Februari.

XS
SM
MD
LG