Tautan-tautan Akses

Warga Kristen Pakistan Protes Pembakaran Rumah


Warga Kristen Pakistan melakukan unjuk rasa di Islamabad, menuntut pemerintah membangun rumah mereka yang dibakar, hari Minggu (10/3).

Warga Kristen Pakistan melakukan unjuk rasa di Islamabad, menuntut pemerintah membangun rumah mereka yang dibakar, hari Minggu (10/3).

Para demonstran warga Kristen menggelar protes di Islamabad dan Lahore, menuntut agar pemerintah Pakistan membangun kembali rumah-rumah yang hancur.

Demonstran Kristen berbaris di beberapa kota besar Pakistan hari Minggu untuk memprotes pembakaran lebih dari 100 rumah orang Kristen sehari sebelumnya terkait dugaan penghujatan.

Para pengunjuk rasa berkumpul di ibukota Islamabad dan di jalan raya utama Lahore, dengan sejumlah tuntutan agar pemerintah membangun kembali rumah-rumah hancur dan memohon agar pemerintah lebih melindungi minoritas.

Pada hari Sabtu, ribuan Muslim memporak-porandakan kawasan tempat tinggal umat Kristen di Lahore setelah mendengar laporan bahwa seorang warga Kristen mengeluarkan pernyataan yang menghujat Nabi Muhammad kepada seorang temannya yang Muslim.

Menyusul kekerasan itu, ratusan keluarga Kristen pergi meninggalkan kawasan tersebut.

Pada hari Minggu, demonstran Kristen menggelar protes di jalan raya utama Lahore untuk menuntut agar pemerintah membangun kembali rumah-rumah yang hancur.

Polisi di Pakistan timur telah menahan puluhan orang yang dituduh membakar rumah. Seorang pria Kristen juga berada dalam tahanan polisi dan menghadapi kemungkinan tuduhan menghujat agama.

Pakistan yang mayoritas penduduknya Muslim memberlakukan hukuman paling keras terhadap aksi penghujatan. Siapa saja yang menghina Islam dan Nabi Muhammad menghadapi hukuman mati.
XS
SM
MD
LG