Tautan-tautan Akses

Warga Kota Bandung Antusias Sambut Para Delegasi KAA

  • R.Teja Wulan

Warga kota Bandung antusias menyambut kedatangan para delegasi KAA dengan berjejer di tepi jalan. (VOA/R. Teja Wulan)

Warga kota Bandung antusias menyambut kedatangan para delegasi KAA dengan berjejer di tepi jalan. (VOA/R. Teja Wulan)

Meski beberapa ruas jalan ditutup sehingga lengang dari kendaraan, warga ramai-ramai datang ke area Jalan Braga, untuk merasakan suasana perayaan tersebut.

Warga kota Bandung antusias mengikuti jalannya acara puncak peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, Jumat pagi (24/4).

Kemeriahan perayaan puncak peringatan Konferensi Asia Afrika atau KAA ke 60 tahun sangat terasa di Kota Bandung. Seluruh kegiatan perkantoran maupun sekolah diliburkan, sebagian jalan raya pun ditutup untuk akses kedatangan para delegasi KAA.

Meski demikian, warga Kota Bandung yang ingin merasakan suasana perayaan sengaja datang ke beberapa kawasan seputar Gedung Merdeka yang tidak termasuk ke dalam wilayah pengamanan Ring 1.

Salah satu jalan yang ramai dikunjungi warga adalah Jalan Braga. Mereka terkesan dengan suasana kemeriahan Kota Bandung hari ini. Warga mengaku senang dan bangga Kota Bandung dikunjungi oleh para kepala negara Asia Afrika.

Seorang warga bernama Hendra mengatakan, kota Bandung terlihat rapi dan cantik selama perayaan KAA ini. Ia juga merasa bangga kota tercintanya didatangi oleh warga dari berbagai kota di Indonesia dan turis asing.

"Iya bagus. Saya senang, bangga, kota Bandung jadi ramai. Orang-orang yang dari luar kota juga pada banyak datang ke sini. Menurut saya ini kan momentum yang langka, jarang sekali, jadi semua lapisan harus mendukung acara ini supaya berjalan dengan lancar," ujarnya.

Warga Bandung lainnya, Aisyah mengatakan, ia bangga perayaan KAA diselenggarakan di Kota Bandung. Untuk melihat dan merasakan suasana perayaan tersebut, Aisyah datang bersama teman-temannya.

"Bagus acaranya, lagian acara kayak gini kan jarang juga. Tadinya sih cuma mau jalan-jalan aja, tapi penasaran, jadi ya bareng teman-teman akhirnya ke Braga sini," ujarnya.

Selain warga setempat, warga dari berbagai kota lainnya di Indonesia juga berkunjung ke Kota Bandung untuk ikut merasakan kemeriahan perayaan 60 tahun KAA ini.

Seorang warga asal Balikpapan, Kalimantan Timur, Emi mengatakan, ia sengaja datang ke Bandung untuk melihat suasana peringatan KAA. Emi juga sangat mengapresiasi persiapan yang dilakukan oleh Kota Bandung untuk menyelenggarakan acara berskala internasional ini.

"Untuk Kota Bandungnya sendiri saya lihat siap sekali ya untuk acara seperti ini. Meriah sekali, setiap sudut Kota Bandung saya lihat cantik sekali. Meriah sekali menyambutnya. Acara ini kan bersejarah dan penting karena seluruh dunia pasti akan menyorotinya," ujarnya.

XS
SM
MD
LG