Tautan-tautan Akses

Warga Karachi Makamkan 45 Korban Ledakan Bom


Warga Muslim Syiah menghadiri pemakaman korban serangan bom di Karachi, Pakistan (4/3).

Warga Muslim Syiah menghadiri pemakaman korban serangan bom di Karachi, Pakistan (4/3).

Ribuan warga kota terbesar Pakistan, Karachi, telah mulai memakamkan 45 korban ledakan bom mobil di luar sebuah masjid, Senin (4/3)

Sekolah-sekolah dan bisnis-bisnis di Karachi dinyatakan tutup dalam hari berkabung, Senin (4/3) untuk menghormati korban yang tewas akibat ledakan bom mobil di luar sebuah masjid, Minggu (3/3).

Ledakan tersebut terjadi saat jemaah pulang dari sembahyang Maghrib di daerah kediaman yang didominasi minoritas Muslim Syiah. Insiden tersebut telah menewaskan 45 orang dan melukai sekitar 150 lainnya.

Beberapa bangunan terbakar dan banyak warga terkurung di bawah reruntuhan bangunan yang rubuh. Wanita dan anak-anak terdapat di antara yang cedera.

Polisi Pervez Ahmad mengatakan bahan kimia yang digunakan dalam ledakan itu memicu terjadinya kebakaran dan menyebarkan kehancuran di wilayah tersebut.

Belum ada yang telah mengaku bertanggung jawab, tetapi militan Muslim Sunni yang berhubungan dengan al-Qaida dan Taliban sering menyerang tetangga mereka umat Shiah di seluruh Pakistan, terutama di Karachi.

Menurut Komisi HAM independen Pakistan, sedikitnya 2.284 orang telah tewas dalam kekerasan antar-suku, antar golongan agama dan politik tahun lalu di Karachi.
XS
SM
MD
LG