Tautan-tautan Akses

Warga Jerman Protes Perpanjangan Izin PLTN


Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan) dan Wakil Kanselir Guido Westerwelle mengadakan jumpa pers di Berlin, Sabtu (12/3).

Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan) dan Wakil Kanselir Guido Westerwelle mengadakan jumpa pers di Berlin, Sabtu (12/3).

Keprihatinan atas keamanan reaktor nuklir pasca-bencana Jepang, memicu protes di Jerman yang meminta pemerintah setempat mengurangi ketergantungan akan energi nuklir.

Meledaknya reaktor nuklir di Jepang akibat gempa bumi, menimbulkan keprihatinan di tempat-tempat lain akan keamanan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Di Jerman, ribuan warga Stuttgart menggelar aksi protes menentang ketergantungan pemerintah setempat pada nuklir sebagai sumber energi.

Puluhan ribu orang di kota industri ini membentuk rantai manusia sepanjang 45 kilometer. Aktivis pada rapat ini menyerukan protes mereka atas keputusan Jerman tahun lalu untuk memperpanjang penggunaan 17 PLTN untuk 12 tahun ke depan.

Pada hari Sabtu, kubu oposisi utama Sosia Demokrat menggunakan kecelakaan di Jepang untuk menyerukan perubahan pada kebijakan nuklir Jerman. Tetapi, Kanselir Jerman Angela Merkel adalah pendukung pemanfaatan nuklir sebagai sumber energi.

XS
SM
MD
LG