Tautan-tautan Akses

Warga Iran Unjuk Rasa Rayakan HUT Penyanderaan Kedutaan AS


Wanita Iran mengikuti unjuk rasa di depan bekas gedung Kedutaan AS di Teheran dengan membawa poster Ayatollah Khomeini, 4 November 2010.

Wanita Iran mengikuti unjuk rasa di depan bekas gedung Kedutaan AS di Teheran dengan membawa poster Ayatollah Khomeini, 4 November 2010.

Pemerintah Iran juga menetapkan tanggal 4 November sebagai "hari nasional perlawanan terhadap kesombongan global.”

Ribuan demonstran di Iran meneriakkan slogan anti-Amerika Kamis ini pada rapat umum untuk menandai peringatan 31 tahun pengambilalihan Kedutaan Amerika oleh para pelajar Iran.

Para pengunjuk rasa berkumpul di luar bekas kompleks kedutaan di Teheran, melambaikan bendera dan spanduk anti- Amerika.

Media pemerintah Iran mengutip Presiden Mahmoud Ahmadinejad yang mengatakan penyanderaan tahun 1979 memainkan peran penting dalam perkembangan Revolusi Islam di Iran. Media juga melaporkan Iran telah menetapkan tanggal 4 November sebagai "hari nasional perlawanan terhadap kesombongan global.”

Pada tahun 1979, para pelajar Iran menyerbu kompleks kedutaan. Mereka menyandera 52 orang Amerika selama 444 hari untuk memprotes kebijakan Amerika. Gerakan itu memicu Washington untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran.

Demonstrasi tahun ini menandai ulang tahun yang tidak memiliki nuansa politik dalam negeri seperti tahun lalu. Pada tahun 2009, pasukan keamanan Iran menggunakan pentungan dan gas air mata untuk membubarkan protes anti pemerintah yang bersamaan waktunya dengan rapat umum tersebut.

XS
SM
MD
LG