Tautan-tautan Akses

Warga Desa di Nigeria Lawan Boko Haram


Tentara Nigeria melakukan patroli di negara bagian Borno, Nigeria utara (foto: dok).

Tentara Nigeria melakukan patroli di negara bagian Borno, Nigeria utara (foto: dok).

Warga desa di Nigeria utara melawan serangan yang diduga oleh militan Boko Haram dan menewaskan sejumlah anggota kelompok itu, Selasa (13/5).

Para saksi mata dan pejabat mengatakan warga desa Kalabalge di negara bagian Borno, Nigeria utara mendapat peringatan dini tentang serangan itu.

Suratkabar Daily Trust di Nigeria mengutip seorang anggota DPRD yang mengatakan sekitar 200 militan tewas. Ia mengatakan para penduduk desa itu juga menangkap sejumlah penyerang.

Penduduk membentuk kelompok-kelompok militan di Nigeria utara untuk menumpas Boko Haram. Mereka mengatakan militer Nigeria tidak melakukan cukup banyak untuk melindungi mereka.

Pihak berwenang masih mencari 276 siswi yang diculik para militan itu dari desa Chibok bulan lalu. Militer Amerika hari Rabu (14/5) mengatakan mereka juga mulai menggunakan pesawat tanpa awak untuk membantu mencari anak-anak perempuan itu.

Boko Haram minggu ini merilis video yang menampilkan kira-kira 100 dari siswi yang diculik itu, yang tampak mengenakan jilbab dan membaca doa-doa dan ayat Al-Quran.

Pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau mengatakan dalam video itu para siswi tersebut telah “di-Islam-kan” dan tidak akan dilepaskan sebelum pemerintah membebaskan para anggota kelompok itu yang ditahan.

Pasukan keamanan Nigeria telah bergelut melawan militan sejak pergolakan pecah tahun 2009.
XS
SM
MD
LG