Tautan-tautan Akses

Warga Colorado Akan Tentukan Usulan Tinggalkan ObamaCare


Pemilih di negara bagian Colorado tidak hanya akan memilih presiden November mendatang, namun juga memutuskan apakah akan melanjutkan sistem asuransi kesehatan andalan Presiden Obama, ObamaCare, atau mulai menggunakan sistem asuransi kesehatan baru yang mereka sebut ColoradoCare.

Asuransi kesehatan harus dipromosikan dengan gencar terutama jika kita mengetuk pintu rumah warga yang tidak kita kenal lalu menjelaskan sistem yang kompleks dan bermasalah dan usulan yang rumit untuk memperbaikinya.

Sekarang, ajakan dengan kunjungan langsung dari rumah ke rumah telah memenangkan satu pendukung untuk amandemen yang akan menyingkirkan perusahaan-perusahaan asuransi pencari untung dan membuka jalan bagi berlakunya satu sistem baru di seluruh negara bagian Colorado, yang dikenal sebagai ColoradoCare, dengan premi sebesar 10% dari pajak penghasilan.

Julie Perla adalah salah seorang aktivis yang ikut memperkenalkan sistem baru itu. Ia mengatakan:

“Kami berhasil mempengaruhinya.”

Julie berjuang keras untuk mendapatkan asuransi yang dapat menutup biaya perawatan anaknya yang sedang sakit. Itu sebabnya ia berkeliling dari rumah ke rumah di satu kawasan di kota Denver untuk menjelaskan kepada para pemilik hak suara tentang ColoradoCare. Namun ia sadar bahwa kemungkinan berhasilnya upaya itu sangat kecil.

“Lawan kami sangat sulit, mulai dari perusahaan hingga milyarder. Kami bergantung pada dukungan masyarakat,” ujar Julie Perla, aktivis ColoradoCare.

Para pendukung ColoradoCare menciptakan aplikasi smartphone khusus, melakukan flash mob di berbagai tempat umum, termasuk di pusat-pusat perbelanjaan, seiring dengan upaya untuk membujuk warga dari pintu ke pintu dan menggelar pertemuan-pertemuan warga.

Irene Aguilar - senator negara bagian Colorado - berulang kali gagal menggolkan amandemen asuransi ini di DPRD setelah tujuh tahun berusaha. Namun ia berhasil ikut mengumpulkan tanda tangan yang jumlahnya cukup sebagai syarat isu tersebut ikut diputuskan oleh pemilih dalam pemilihan November mendatang.

“Warga Amerika jangan lagi menganggap asuransi kesehatan sebagai komoditas bisnis. Semakin kita melihatnya demikian, semakin besar jurang pemisah antara pihak yang diuntungkan dan mereka yang dirugikan,” ujar Irene Aguilar, senator negara bagian Colorado.

Meski demikian, mereka yang tidak setuju dengan ColoradoCare menilai sistem baru ini dapat menambah anggaran pemerintah negara bagian hingga 100 persen. Selain itu banyak pihak juga berpendapat sistem itu merugikan pengusaha kecil seperti Dokter Erin Sain yang praktek dokternya bisa lumpuh akibat kenaikan pajak yang harus dibayarnya.

“Klinik kesehatan kecil akan didera oleh dampak negatif ColoradoCare. Kita semua menginginkan asuransi kesehatan yang murah tapi berkualitas. Masalahnya, ColoradoCare tidak memiliki cukup penjelasan untuk menjabarkan alasan tentang mahalnya asuransi kesehatan yang ada sekarang,” ujar Dokter Erin Sain.

Perdebatan tentang cara memperbaiki sistem asuransi kesehatan yang dianggap bermasalah ini pasti akan terus berlanjut hingga seusai pilpres, hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh lembaga-lembaga survei menunjukkan bahwa para pemilih cenderung untuk menolak ColoradoCare. [rd/lt]

XS
SM
MD
LG