Tautan-tautan Akses

Warga China Dipenjara dalam Kasus Peretasan Militer


Seorang peretas sedang bekerja di Taipei. (Foto: Ilustrasi)

Seorang peretas sedang bekerja di Taipei. (Foto: Ilustrasi)

Su Bin membantu peretas militer China untuk mengakses dan mencuri cetak biru pesawat militer mutakhir yang sangat penting bagi pertahanan nasional AS.

Seorang hakim Amerika telah menjatuhkan hukuman penjara 46 bulan kepada seorang warga China karena berkonspirasi untuk meretas komputer kontraktor departemen pertahanan dan menyelundupkan informasinya ke China.

Su Bin mengaku bersalah berkonspirasi dengan dua peretas yang tidak disebutkan namanya di China untuk mengekspor informasi militer Amerika ke negara komunis itu antara 2008 dan 2014.

“Su membantu peretas militer China dalam upaya mereka secara ilegal mengakses dan mencuri cetak biru pesawat militer mutakhir yang sangat penting bagi pertahanan nasional kita,” kata Asisten Jaksa untuk Keamanan Nasional John Carlin.

Su memberitahu rekan konspiratornya, perwira militer di China, siapa yang harus disasarkan, dokumen apa yang harus dicuri, dan mengapa informasi yang mereka curi itu penting.

Catatan peradilan menunjukkan orang-orang ini menyasarkan pesawat tempur jet seperti F-22 dan F-35, serta juga pesawat kargo militer Boeing C-17.

Su ditangkap di Kanada pada 2014 dan dibawa ke Amerika. [jm]

XS
SM
MD
LG