Tautan-tautan Akses

Warga Brazil Tolak RUU Pembagian Pendapatan dari Minyak


Warga Brazil di Rio de Janeiro berdemonstrasi menolak RUU pendapatan minyak. (Reuters/Pilar Olivares)

Warga Brazil di Rio de Janeiro berdemonstrasi menolak RUU pendapatan minyak. (Reuters/Pilar Olivares)

Ribuan warga Brazil berdemonstrasi menolak rancangan undang-undang yang akan mengurangi jumlah pendapatan negara bagian dari minyak.

Ribuan warga Brasil turun ke jalan-jalan di Rio de Janeiro, mendesak Presiden Dilma Rousseff agar memveto rancangan undang-undang (RUU) yang nantinya akan mendistribusikan pendapatan dari minyak ke negara-negara bagian non-penghasil minyak.

Sekitar 200.000 orang dari berbagai kota di seluruh negara bagian Rio berkumpul untuk berunjuk rasa Senin (26/11) yang diselenggarakan oleh Gubernur Sergio Cabral dan para pejabat lokal lainnya.

Cabral berpendapat RUU itu, jika disahkan, bisa merugikan negara bagian Rio miliaran dolar dan mengancam pendanaan untuk Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016.

RUU itu, yang disahkan oleh Kongres bulan ini, akan mengurangi jumlah pendapatan minyak yang dikumpulkan oleh pemerintah federal dan negara-negara bagian penghasil minyak, dalam upaya untuk mendistribusikan pendapatan secara lebih merata di seluruh 26 negara bagian Brasil dan distrik federal.

Langkah ini telah membuat marah para pejabat Rio dan negara-negara bagian penghasil minyak lainnya di Brasil tenggara.

Rousseff memiliki waktu sampai Jumat untuk memveto sebagian atau seluruh RUU tersebut.
XS
SM
MD
LG