Tautan-tautan Akses

20 Ribu Warga Bosnia Protes Wasit di Piala Dunia


Timnas Bosnia kalah tipis 0-1 dari Nigeria dalam pertandingan di stadion Arena Pantanal, Cuiaba, Brazil, Sabtu (21/6).

Timnas Bosnia kalah tipis 0-1 dari Nigeria dalam pertandingan di stadion Arena Pantanal, Cuiaba, Brazil, Sabtu (21/6).

Warga Bosnia menuduh keputusan kontroversial wasit asal Selandia Baru menyebabkan Bosnia kalah 0-1 dari Nigeria dalam pertandingan Piala Dunia hari Sabtu (21/6).

Warga Bosnia yang kecewa karena timnas mereka tersingkir dari Piala Dunia, hari Selasa (24/6) menuduh wasit asal Selandia Baru menyebabkan Bosnia kalah 1-0 dari Nigeria dalam Piala Dunia.

Lebih dari 20 ribu warga Bosnia menandatangani petisi meminta supaya wasit Peter O’Leary dipecat.

Warga Bosnia berpendapat wasit O’Leary keliru membatalkan gol tunggal yang dicetak Bosnia karena menganggap pemain Bosnia Edin Dzeko yang mencetak gol itu berada dalam posisi offside. Hasil replay menunjukkan bahwa Dzeko tidak dalam posisi offside sebelum mencetak gol.

Para penggemar Bosnia juga mengatakan, sebuah foto setelah pertandingan menunjukkan bahwa wasit O'Leary merayakan kemenangan Nigeria dengan penjaga gawang Nigeria, Vincent Enyeama.

Mereka juga mengatakan Bosnia kalah karena wasit tidak melihat pelanggaran terhadap kapten Bosnia, Emir Spahic oleh pemain Nigeria Emmanuel Emenike. Emenike yang menggiring bola dari rusuk kanan terhadang oleh Emir Spahic, dan tampak mendorong dari belakang sehingga Spahic terjatuh. Namun, wasit O'Leary tidak membunyikan peluit, demikian juga penjaga garis tidak mengangkat bendera.

Setelah Spahic terjatuh, Emenike dengan leluasa menguasai bola dan memberikan umpan tepat di depan gawang kepada rekannya, Peter Odemwingie yang menceploskan gol tunggal ke gawang Bosnia di menit ke-29.

Kapten Emir Spahic kemudian berusaha memrotes hakim garis, namun hakim garis bersikeras bahwa 'kontak' oleh Emenike itu bukanlah suatu pelanggaran.

Warga Bosnia yang harus melihat timnas mereka harus tersingkir dari Piala Dunia, marah sekali karena merasa ditipu di gelanggang dunia. Wasit O'Leary bahkan dikabarkan telah menerima ancaman pembunuhan akibat keputusannya yang kontroversial itu.

Dalam dua pertandingan di Piala Dunia, Bosnia kalah 1-2 dari Argentina dan 0-1 dari Nigeria yang sekaligus memupus harapan untuk maju ke babak selanjutnya.

Pada pertandingan terakhir tim Bosnia tinggal berhadapan dengan Iran, sementara Nigeria bertemu Argentina untuk menentukan siapa juara Group F.

XS
SM
MD
LG