Tautan-tautan Akses

Warga Belgia Protes Kebuntuan Politik


Warga di kota Ghent, Belgia melakukan protes kepada para politisi dengan bertelanjang dan hanya mengenakan pakaian dalam, Kamis (17/2).

Warga di kota Ghent, Belgia melakukan protes kepada para politisi dengan bertelanjang dan hanya mengenakan pakaian dalam, Kamis (17/2).

Ratusan mahasiswa di beberapa kota turun ke jalan hari Kamis menuntut politisi mengakhiri kebuntuan membentuk pemerintah baru.

Warga Belgia telah berunjuk rasa di seluruh pelosok negara itu menuntut politisi mengakhiri delapan bulan kebuntuan politik dan membentuk pemerintah baru.

Ratusan mahasiswa turun ke jalan hari Kamis di ibukota, Brussels, dan kota Ghent dan Leuven selagi negara itu memasuki hari ke 249 kebuntuan politik.

Dalam protes di Ghent, para mahasiswa menuntut pembentukan pemerintahan baru dengan telanjang hingga tinggal mengenakan pakaian dalam. Di Leuven, mereka makan kentang goreng sebagai bagian dari "revolusi kentang goreng," yang merujuk pada kekhasan nasional Belgia.

Belgia telah tanpa pemerintah sejak Juni lalu, ketika pemilihan parlemen berakhir tanpa pemenang mayoritas. Politisi Belgia dari wilayah utara yang berbahasa Belanda dan dari wilayah selatan yang berbahasa Perancis sejak itu tanpa hasil telah berusaha membentuk pemerintahan persatuan.

Demonstrasi hari Kamis itu adalah yang terbaru dalam serangkaian aksi sosial yang bertujuan untuk mengakhiri kebuntuan delapan bulan – yang merupakan rekor pasca-perang di Eropa dan hampir rekor dunia bagi sebuah negara tanpa pemerintahan.

XS
SM
MD
LG