Tautan-tautan Akses

Warga Australia Tewas dalam Serangan Udara Amerika


Pesawat jet tempur AS, Air Force A-10 Thunderbolt II di pangkalan militer Incirlik di Adana, Turki (foto: dok).

Pesawat jet tempur AS, Air Force A-10 Thunderbolt II di pangkalan militer Incirlik di Adana, Turki (foto: dok).

Warga negara Australia, Neil Prakash, yang diduga perekrut senior di kelompok teroris ISIS tewas dalam serangan udara Amerika di Irak.

Jaksa Agung Australia George Brandis mengatakan kepada wartawan hari Kamis (5/5) bahwa Neil Prakash, asal Melbourne, tewas dalam serangan udara di Mosul pada 29 April lalu.

Brandis mengatakan Prakash terlibat aktif merekrut teroris, tampil dalam berbagai video propaganda ISIS, dan terkait dengan sejumlah rencana teroris di Australia. Brandis mengatakan Prakash juga mendorong apa yang disebut serangan-serangan yang dilakukan sendirian terhadap Amerika Serikat.

Brandis juga mengatakan ia diberitahu Amerika bahwa seorang warga Australia lainnya, Shadi Jabar Khalil Mohammad, tewas dalam serangan udara di Suriah bulan lalu bersama dengan suaminya yang warga Sudan. Keduanya adalah perekrut ISIS.

Mohammad adalah kayak Farhad Jabar, lelaki berusa 15 tahun yang menembak mati seorang pegawai sipil kepolisian di Sydney, Oktober lalu. Jabar tewas dalam baku tembak dengan polisi tak lama setelah itu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG